Senin, 19 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Politik
Rapimnas Hanura di Bali

Hanura Dukung Jokowi pada Pilpres 2019, Sindir Parpol Tak Konsisten

Sabtu, 05 Aug 2017 10:08 | editor : I Putu Suyatra

DAPAT DUKUNGAN: Joko Widodo menghadiri Rapimnas ke-1 Partai Hanura di The Stones Hotel, Kuta, Badung, Jumat (4/8) kemarin.

DAPAT DUKUNGAN: Joko Widodo menghadiri Rapimnas ke-1 Partai Hanura di The Stones Hotel, Kuta, Badung, Jumat (4/8) kemarin. (SURPA ADISASTRA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan lantang mendukung Presiden RI, Joko Widodo untuk kembali maju sebagai calon presiden periode 2019-2024. Hal tersebut diserukan Ketua Umum DPP Partai Hanura, Oesman Sapta saat pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-1 Partai Hanura di The Stones Hotel, Kuta, Badung, Jumat (4/8) kemarin.

Dalam sambutannya, Oesman Sapta menyatakan Hanura akan senantiasa menjaga komitmen dan konsisten terhadap sikap politiknya. "Dalam pilpres yang lalu, kami adalah parpol pengusung Jokowi-JK, maka wajib bagi partai Hanura untuk terus mengawal program-program pemerintah dan partai Hanura sangat sejalan dengan pemikiran Presiden, Bapak Jokowi," ungkapnya pada acara yang dihadiri oleh jajaran 'pentolan' Partai Hanura dan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika tersebut.

Lebih lanjut, ia menyatakan seluruh Ketua DPD Hanura se-Indonesia beserta seluruh kader sepakat untuk mendukung Jokowi kembali maju sebagai calon presiden periode 2019-2024. "Tadi malam kami bertemu dengan seluruh ketua-ketua DPD kader seluruh Indonesia sampai larut malam. Kesimpulannya saya diperintahkan membacakan sikap dari Dewan Perwakilan Daerah beserta seluruh Partai Hanura dari 34 provinsi, yang menyatakan mencalonkan kembali Bapak Presiden Joko Widodo sebagai Presiden periode 2019-2014," ujarnya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Di samping menyatakan dukungan, Oesman juga mengungkapkan sindiran. "Sebagai partai yang tergabung dalam koalisi pendukung pemerintah, Partai Hanura tidak akan pernah melakukan perbuatan-perbuatan yang menjegal teman sendiri, apalagi menggunting dalam selimut," katanya dalam acara yang berlangsung hingga hari ini, Sabtu (5/8) tersebut.

Hanya saja, saat ditanya oleh awak media usai acara pembukaan Rapimnas, ia enggan mengungkapkan, tujuan sindirannya tersebut. "Kepada siapa saja yang sudah memiliki komitmen yang lari dari komitmen, itu tidak boleh. Kalau enggak, ya jangan bikin komitmen. Semua, pada siapapun," ujarnya. Apa ada indikasi? "Ya anda lihat sendiri. Anda kan melihat semua situasi nasional. Anda lebih mengerti dari saya. Jangan ada dusta di antara kita," imbuhnya.

Disinggung mengenai adanya kemungkinan Hanura menyodorkan nama untuk posisi calon wakil presiden, ia enggan berkomentar lebih jauh. "Hanura belum berpikir ke situ. Kami berpikir untuk bekerja sama untuk menyejahterakan masyarakat daerah dengan presiden sekarang ini sampai mencapai titik maksimal, memenuhi keinginan masyarakat daerah seluruh Indonesia," kelitnya.

Selain itu, Oesman juga menyatakan, pihaknya mendukung pembubaran ormas yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. "Bagi hanura, Pancasila sebagai ideologi adalah final," tegasnya.

Menanggapi dukungan Hanura terhadapnya, Jokowi hanya menjawab secara formal. Dikatakannya, setiap partai mempunyai hak untuk menyampaikan pandangannya dan dukungannya kepada siapapun. Demikian juga jika ada individu yang menyampaikan dukungan kepadanya, merupakan hak setiap individu untuk menyampaikan pandangan politiknya, hak politiknya. "Kalau saya sekarang ini masih fokus dan konsentrasi menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan, program-program yang masih dalam proses. Tugas pokok saya ke situ," ujarnya.

Dengan adanya dukungan parpol, ia menyatakan akan lebih mudah bagi pemerintah untuk membuat, melaksanakan, dan mengawasi kebijakan. "Kalau komunikasinya baik, kemudian beriringan, tentu saja setiap kebijakan itu akan dimudahkan, karena kita bisa segera memutuskan, melaksanakan, dan mengawasi," pungkasnya. 

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia