Senin, 19 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Sportainment

Gianyar Beri Lampu Hijau Perpanjangan Sewa Stadion Dipta

Jumat, 10 Nov 2017 09:00 | editor : I Putu Suyatra

Gianyar Beri Lampu Hijau Perpanjangan Sewa Stadion Dipta

STADION DIPTA: Pemkab Gianyar memberi sinyal perpanjangan sewa stadion Dipta kepada Bali United. (DOK. BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, GIANYAR - Hasil memuaskan Bali United dalam setiap laganya, hingga sejengkal lagi menjadi juara Liga I sebelum peluang itu hilang “dicuri”, tak hanya membuat penggila bola di Bali semakin mencintai klub yang dilatih Widodo Cahyono Putro. Pemkab Gianyar sebagai pemilik Stadion Kapten I Wayan Dipta --kandang Serdadu Tridatu, juga sudah memberikan lampu hijau untuk perpanjangan sewa stadion tersebut. Hal tersebut ditegaskan langsung Wakil Bupati Gianyar I Made Mahayastra kemarin (9/11).

“Untuk Stadion Dipta, pengajuan perpanjangan sewa memang sudah mereka ajukan, dan saat ini masih diproses,” ucapnya.

“Intinya kami melihat jika dengan sisa (waktu) yang masih sedikit, sedangkan dia (Bali United) harus investasi dalam persiapan untuk AFC dan persiapan pertandingan internasional. Jadi ketika mereka mengajukan izin perpanjanagn sewa stadion, kami pasti proses dengan cepat,” tegasnya.

Bahkan seperti penjelasannya, pihaknya pun berupaya memberikan kemudahan dalam proses perpanjangan izin tersebut. Namun ditegaskan olehnya kemudahan tersebut tetap harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga tidak terjadi pelanggaran secara hukum.

Antusiasme Pemkab Gianyar untuk mendukung Bali United untuk semakin lama berkandang di stadion kebanggaan masyarakat Gianyar itu, tak lain karena banyak manfaat yang didapatkan, baik bagi pemasukan Pemkab Gianyar, masyarakat, hingga desa adat.

 “Manfaatnya besar sekali. Pertama selain menggairahkan kembali sepakbola di Gianyar, dan Bali khususnya yang lama redup. Perlu diketahui jika keberadaan Bali United dengan bermarkas di Gianyar juga secara tak langsung menambah PAD. Sebab setiap mereka bertanding, maka pajak hiburan sudah pasti masuk. Dan nilainya itu 11 persen di setiap pertandingan,” ungkapnya.

Kemudian manfaat lainnya menurut Agus Mahayastra, yakni bagi desa di sekitar stadion, yang juga mendapatkan kontribusi dari laga kandang Bali United, termasuk masyarakat di sekitar stadion. “Makanya besar kemungkinan kami akan memberikan izin perpanjangan sewa stadion ini. Karena sebagai asset Pemkab Gianyar, stadion ini juga memberikan PAD, dan kesejahteraan desa dan warga sekitar,” terangnya.

“Dan lebih penting lagi, disetiap Bali United bertanding kandang, nama Gianyar pasti akan selalu disebut dan selalu membahama di seluruh negeri. Karena mereka bermain di Stadion Dipta yang milik Gianyar,” imbuhnya.

Sementara itu terkait dengan proses penambahan tribun penonton yang kini mulai dikerjakan pihak Bali United. Agus Mahayastra menyambut baik langkah tersebut. Karena pada intinya, pihaknya akan mendukung langkah Bali United sepanjang penambahan tribun itu sesuai itikad dan tujuan awal dari pembangunan stadion tersebut beberapa tahun lalu.

“Kalau memang itikad sama dengan tujuan awal pembangunan stadion, kenapa tidak. Misalnya seperti untuk fungsi atletik tidak mengganggu, dan fungsi lainnya, serta tidak mengubah nilai estetika stadion,” terangnya.

Sedangkan terkait Pos Damkar yang masih berada di areal Stadion Dipta. Dia menjelaskan, jika memang sudah ada tempat baru bagi pos tersebut, pihaknya tidak mempermasalahkan jika memang harus dipindahkan. “Apalagi jika ke depan, penataan stadion terus berlangsung dan menjadi lokasi wisata keluarga, dengan fasilitas kafe, jogging track, dan sarana olahraga lainnya. Tentu itu tadi, kalau memang sudah ada tempat baru yang representatif, ya kami pindahkan (Pos Damkar, Red),” pungkasnya. 

(bx/wid/vir/yes/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia