Rabu, 21 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Nasi Goreng Base Genep Jadi Andalan Sankara Suit Restoran

Sabtu, 08 Sep 2018 22:17 | editor : I Putu Suyatra

Nasi Goreng Base Genep Jadi Andalan Sankara Suit Restoran

BEDA: Nasi Goreng Base Genep citarasanya sangat beda karena diracik menggunakan rempah-rempah yang sangat diminati wisatawan. Mereka juga bisa ikut merasakan sensasi memasak. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, UBUD - Nasi Goreng dibuat sesuai dengan budaya kuliner khas masing-masing daerah, termasuk di Bali.  Sankara Suite Restoran  di Jalan Raya Andong Ubud, bahkan menjadikan Nasi Goreng sebagai menu unggulan.

Chef Sankara Suit Restoran Ubud, Wayan Kartana mengatakan, Nasi Goreng Base Genep  yang diracik dengan bumbu lengkap khas Bali adalah signature menu di Sankara Suit Restoran. "Nasi Goreng Base Genep  adalah menu utama di restoran kami,  karena makanan ini memadukan antara menu khas Bali dengan Nasi Goreng yang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia," jelasnya kepada Bali Express ( Jawa Pos Group), kemarin.

Sesuai dengan namanya,  Nasi Goreng Base Genep yang disajikan di Sankara Suit Restoran,  memang diracik menggunakan base genep khas Bali.   Kartana mengatakan, citarasa  yang digunakan merupakan base genep otentik dengan rasa pedas yang hangat.

Rasa pedas yang ditimbulkan tidak saja berasal dari banyaknya campuran cabai yang digunakan,  namun juga berasal dari penggunaan rempah-rempah khas Bali.  "Rempah-rempah yang digunakan pada dasarnya memiliki citarasa hangat dan pedas,  sehingga  bisa membuat rasa otentik Nasi Goreng yang dibuat," paparnya.

Base genep dibuat dengan berbagai bumbu yang menjadi racikan khas Bali diantaranya kunyit, lengkuas, jahe, kencur, ketumbar, merica. Selain rempah -rempah tersebut,  base genep yang dibuat di Sankara  tidak menggunakan penyedap rasa buatan.

Selain memberikan citarasa yang unik, lanjutnya, penggunaan rempah-rempah memberikan dampak positif bagi kesehatan. Dijelaskan Kartana, rempah-rempah yang digunakan mampu menjadi obat bagi beberapa penyakit. Kunyit yang digunakan bermanfaat untuk kesehatan lambung, jahe  juga mampu memberikan efek menghangatkan tubuh.

Untuk mendapatkan rasa gurih,  base genep  diracik dengan beberapa bumbu tambahan, seperti garam laut,  minyak kelapa asli dan dimasak  menggunakan kaldu ayam murni.

Selain itu, menu Bali lainnya yang disediakan adalah Nasi Goreng Suna Cekuh (Nasi Goreng Bawang Putih dan Kencur), Balung Ayam dan Timbungan Be Pasih, dan beragam jenis menu masakan Bali lainnya yang disajikan dengan rasa yang otentik.

Menu masakan Bali yang disajikan di restoran ini  menjadi favorit wisatawan asing, karena  tidak bisa ditemukan di negara asal wisatawan .  "Ketika wisatawan datang ke Bali,  mereka  lebih suka mencicipi menu masakan khas Bali,  dibandingkan dengan  menu lainnya," ujarnya.

General Manager Sankara Suite Ubud, Wayan Parka menyatakan, wisatawan  asal Australia,  India dan Eropa menjadi pasar utama dari beragam jenis menu masakan Bali yang disajikan di Sankara. "Kalau yang paling banyak adalah wisatawan India. Selain jumlah kunjungan wisatawan ini cukup besar,  citarasa dari masakan Bali  dinilai mirip dengan citarasa masakan India, " jelasnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia