Senin, 19 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Sportainment

Kecerdikan Widodo Sukses Redam Barito, Bali United Masuk Tiga Besar

Selasa, 18 Sep 2018 19:41 | editor : I Putu Suyatra

Kecerdikan Widodo Sukses Redam Barito, Bali United Masuk Tiga Besar

CURI SATU POIN: Bintang Bali United Stefano Lilipaly melewati pemain Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Selasa (18/9). (BALI UNITED FOR BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, BANJARMASIN - Duel tim papan atas antara tuan rumah Barito Putera versus Bali United Liga 1 2018 berakhir imbang di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Selasa (18/9). Ini setelah pasukan Widodo C Putro sukses menahan skor 1-1 (1-1) hingga pertandingan bubar. Dengan hasil ini, posisi Bali United naik ke peringkat tiga klasemen sementara dengan 36 poin. Sedangkan tuan rumah harus puas berada di di posisi ke-5 dengan poin 34. Hasil ini juga berkat kecerdikan Widodo meredam formasi 4-2-2-2 yang dimainkan tuan rumah.

Bertindak sebagai tim tuan rumah, anak asuh Jacksen F Tiago ini nampak lebih menguasai jalannya laga. Akan tetapi, semangat juang Bali United masih bisa mengimbangi dominasi Barito Putera. Jual beli serangan pun terlihat sejak awal babak pertama. Beberapa striker andalan Barito dimainkan. Seperti, Sacramento dan Samsul Arif yang ditopang oleh Packer. Sementara, Hansamu Yama kembali diturunkan di lini belakang dan bertindak menjadi kapten.

Sementara itu, sang juru taktik Bali United, Widodo C. Putro tetap mengandalkan trio andalannya yaitu Platje, Lilipaaly dan Spasojevic di barisan depan.

Pada menit ke-18, Samsul Arif melakukan tendangan keras dari dalam kotak pinalti. Tapi masih membentur mistar gawang. Kemudian berlanjut pada tendangan sudut. Hingga gol akhirnya terjadi di menit ke-20 lewat tendangan titik putih. Hadiah tendangan penalti itu diberikan wasit kepada Barito Putera, setelah salah satu pemain Bali United hands ball. Dauglas Packer yang dipercaya sebagai eksekutor pun sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor pun jadi 1-0 untuk sementara.

Meski tertinggal, tak membuat semangat pasukan Serdadu Tridatu surut. Serangan demi serangan mulai dilesatkan untuk membongkar pertahanan tim tuan rumah. Alhasil Bali United mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-41. Adalah Melvin Platje yang bisa menyamakan kedudukan Bali United menjadi 1-1. Platje yang berdiri bebas dan mampu keluar dari jebakan offside pun langsung meyontek bola liar hasil umpan M. Taufik, di depan kiper Barito, Aditya Harlan.

Skor imbang 1-1 itu pun tidak berubah hingga usai.

Terkait hasil yang diraih tim Bali United, Widodo mengaku sudah cukup puas akan hasil tersebut. “Pertandingan tadi memang cukup seru. Inilah hasil maksimal yang kami capai. Tentu masing-masing dari kita berharap salah satu tim yang membawa kemenangan. Tapi buat saya hasil ini sudah pas, mengingat Barito putera adalah tim yang sangat sulit terkalahkan di laga kandang,” jelasnya usai laga, Selasa malam (18/9) saat press conference di stadion 12 Mei, Banjarmasin.

Sementara itu, terkait penerapan permainan yang dilakukan Bali United, Widodo menjelaskan jika pihaknya telah mengetahui skema formasi yang diterapkan Barito Petera. Bahkan, beberapa pemain lawan yang diturunkan dengan menggunakan formasi 4-2-2-2 ini, kita kunci, agar permainan mereka tidak berkembang. “Tentu kami sudah tahu pemain-pemain mana saja yang harus kami kunci. Sehingga mereka tidak bisa berkembang. Dengan menerapkan skema formasi 4-2-2-2, berarti mereka memainkan bola di tengah. Makanya kami selalu bemain bola ke samping, tentu menghindarkan penumpukan pemain dan bisa melakukan crossing,” imbuhnya.

Ia juga mengaku, jika crossing-crossing yang dilakukan para pemain Bali United akurat, tentu saja bisa meraih hasil maksimal. “Tapi inilah hasil maksimal buat Bali United. Tentu harus disyukuri. Next perbaikan tentu ada. Karena sepakbola itu terus berkembang. Jadi butuh perbaikan disetiap hasil pertandingan. Jadi bagi kami itu setiap pertandingan adalah final. Dan itu yang selalu menjadi motivasi kami untuk bisa terus meraih hasil maksimal,” tutup Widodo. 

(bx/vir/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia