Senin, 19 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Bali Under The Moon

DJ Berlin Bintang Luncurkan ‘I Don’t Give a Damn’

Kamis, 20 Sep 2018 15:06 | editor : I Putu Suyatra

DJ Berlin Bintang Luncurkan ‘I Don’t Give a Damn’

MENGHENTAK: Sosok DJ seksi nan cantik ini segera menghentak dengan meluncurkan ‘I Don’t Give a Damn’. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, KUTA - Setelah cukup lama berkarir dalam industri musik Electronic Dance Music (EDM), sosok peramu musik cantik lokal Bali atau yang moncer dikenal dengan sebutan Disc Jockey (DJ) yaitu Berlin Bintang, melahirkan karya perdana.

Female DJ multitalent yang juga sebelumnya tampil hebat sebagai penyanyi asal Bali ini, memang sudah cukup lama dikabarkan tengah sibuk dengan project tersebut. Dan kini, ia membuktikan diri sebagai seorang seniman yang berkualitas lewat debut karya musik bergenre EDM bertajuk “I Don’t Give a Damn”. Karya itu pun sudah resmi di rilis pada Minggu, 9 September 2018 lalu.


Saat diwawancarai koran Bali Express (Jawa Pos Group) secara terpisah, pemilik nama lengkap Berlin Chintia Bintang ini menuturkan bahwa dirinya mengku senang bisa menyelesaikan karya dan berkontribusi meramaikan skena musik elektro di Bali. Apalagi, single yang dirilis ini merupakan karya teranyat setelah 9 tahun meniti karir sebagai seorang female DJ.


“Karya terbaru ini berjudul “I Don’t Give a Damn” yang merupakan karya pertama aku setelah 9 tahun berkarir sebagai DJ. Tentu selama berkarir, ada banyak karya yang juga aku buatkan, seperti mixtape, podcast, atau remix lagu layaknya SJ lainnya sih sudah banyak. Tapi yang betul-betul murni karya aku sendiri ya, musik yang terbaru ini,” tuturnya, Selasa siang kemarin (18/9). 


Perempuan yang akrab disapa Berlin ini juga melanjutkan, single tersebut merupakan idealisme dari dirinya sendiri, dimana lebih mengedepankan musik elektronik party ketimbang vocal didalamnya. “Tentu ini sesui dengan peran aku sebagai seorang Female DJ. Tentu cara ini sebagai bentuk pembuktian aku sebagai seorang seniman juga yang selalu berupaya memberikan kotribusi baik terhadap skena musik elektro,” pungkasnya.


Terkait single tersebut, dara seksi kelahiran Denpasar, 23 September 1988 ini muturkan bahwa single ini merupakan gambaran mengenai ketidakpeduliannya terhadap haters yang kerap menganggap negatif peran dari seorang peramu musik. Terlebih khusus seorang bagi DJ perempuan.


Ia tak memungkiri, jika saat ini profesi female DJ mungkin sudah menjadi fenomena publik, dimana sosial media pun sudah menjadi wadah utama para netizen mengungkapkan ketidaksukaan mereka terhadap peran DJ. “Maka dari itu, Berlin ingin mengungkapkan nya melalui sebuah karya dan jadikan haters semangat untuk terus berkreasi dan berprestasi sesuai dengan apa yang kita tekuni” terang Berlin.


Sementara itu, perihal penggarapan single “I Don’t Give a Damn”, Berlin mengaku cukup memakan waktu hampir setahun. Mengingat projek tersebut ia buat di sela-sela kesibukan off air sebagai DJ dalam beberapa acara baik di Bali maupun kota-kota lainnya di Indonesia. Mulai dari produce lagu, mixing hingga mastered, Berlin kerjakan sendiri bersama Muses.ent. Belum lagi kesibukannya yang terus merilis beberapa remix lagu-lagu terkenal melalui youtube channel pribadinya.


“Syukurnya bisa rampung dan sukses di rilis pada tanggal 9 September kemarin. Dan untuk para penggemar ataupun penikmat musik EDM, bisa menikmati karya aku secara streaming melalui digital platforms, baik iTunes, Apple Music, Spotify, Deezer, Google Play, Youtube dan masih banyak lagi,” tutur Berlin.


Pembuktian diri untuk menciptakan sebuah karya baru, diakui Berlin semakin memacu dirinya untuk bisa kembali menciptakan musik yang lebih baik lagi. Jika saat ini berupa karya musik EDM, ia berharap kedepannya bisa mengemas musik lengkap diisi dengan suara atau nyanyian merdu yang khas. “Kedepannya mungkin aku akan mengeluarkan single yang ada nyanyi-nya, tapi masih lekat dengan nuansa dance elektronik juga. Tidak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi dengan beberapa musisi/penyanyi juga. Nah, untuk saat ini harapannya, karya aku bisa diterima oleh semua kalangan dan menjadi awal konsistensinya di industri musik Indonesia,”  tutup female DJ yang identik dengan penampilan sexy ini

Sosok DJ satu ini memulai karir professional sebagai Disc Jockey (DJ) sejak tahun 2009 silam, nama female DJ Berlin Bintang tentu sudah sangat di kenal bagi ratusan pasang telinga para party lovers Bali. Bukan hanya itu, walaupun terhitung anak daerah, ia sudah berhasil untuk bermain dalam beberapa acara besar di luar Bali dan tampil di beberapa kota besar di Indonesia. 

Sebelumnya ia mengawali karirnya sebagai seorang penyanyi, namun kecintaannya terhadap skena musik Elektronic Dance Music, membawanya menjadi seorang DJ. Profesi inilah yang ia pilih dan tekuni hingga sekarang. Dalam penampilannya, ia memang identik dengan penampilannya yang sexy, namun bukan itu saja yang ia tonjolkan, tapi juga skill dan aksi panggungnya. Karena di-era sekarang ini DJ bukan hanya memainkan musik saja, tetapi juga harus memberikan aksi panggung yang maksimal, sehingga penonton tidak bosan. 

Beberapa festival lokal dan nasional juga pernah dijajal oleh Berlin Bintang, termasuk kolaborasi dengan beberapa penyanyi atau musisi lainnya. Mengusung open format dj, Berlin Bintang bisa memainkan semua genre musik. Saat ini yang menjadi fokus Berlin Bintang adalah di genre HipHop, RnB, Twerk, Mashup, Trap dan sejenisnya. Prestasinya juga terdengar oleh salah satu International Female DJ list source yaitu DJanetop. Situs ini merupakan salah satu situs yang menginformasikan mengenai female dj dunia. Ditahun 2017 ia berhasil ada diposisi ke-9 top DJ di indonesia dan nomor 39 di Asia versi situs tersebut.

(bx/vir/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia