Jumat, 22 Mar 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

BUMDes Jatiluwih Punya Kopi Rasa Beras Merah

27 September 2018, 16: 50: 25 WIB | editor : I Putu Suyatra

BUMDes Jatiluwih Punya Kopi Rasa Beras Merah

ROBUSTA: Contoh kopi robusta di mix dengan beras merah, Rabu (26/9). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN - BUMDes Jatiluwih saat ini tengah mengembangkan kopi robusta yang diberi nama Kopi Celepuk. Meskipun belum memiliki label resmi sudah banyak penikmat kopi yang menyukai kopi tersebut. Untuk lebih mempopulerkan kini kopi Celepuk robusta dicampur dengan beras merah. 

Kabag Operasional Bagian Perencanaan Perusahaan Daerah Dharma Santika (PPDS), I Gede Pasek menuturkan, BUMdes Jatiluwih menghasilkan Kopi Celepuk Robusta. Dan saat ini memang belum memiliki label tetapi Kopi Celepuk cukup digemari masyarakat. "Kopi ini didapat dari potensi yang ada di Desa Jatiluwih," ungkapnya, Rabu (26/9) kemarin. 

Disamping memproduksi Kopi Celepuk Robusta, BUMDes Jatiluwih juga memiliki varian produk baru yakni Kopi Robusta yang dicampur dengan beras merah. Mengingat Jatiluwih terkenal juga penghasil beras merah. "Kami baru minta mereka memproduksi 50 kilogram," sambungnya. 

Menurutnya rasa kopi robusta yang dicampur dengan beras merah lebih lembut dari kopi biasa. Aroma kopinya tidak keras dan rasa beras merah yang khas. Bahkan varian ini pun sudah banyak yang menggemari. "Jadi sudah ada yang suka karena rasanya lebih lembut," imbuhnya. 

Untuk lebih mempopulerkan, PDDS akan membantu memasarkan dan mengkemas produk tersebut. Karena saat ini dua varian tersebut belum memiliki label. Disamping itu BUMDes Jatiluwih sangat berpotensi untuk memproduksi secara kontinyu. "Kami akan bantu mengkemas dan memasarkan karena selama ini, dua hal tersebut yang menjadi kendala mereka, padahal potensi banyak," pungkasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia