Rabu, 21 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Politik

Dua Wajah Baru Lolos di KPU Tabanan, Salah Satunya Wartawan

Senin, 15 Oct 2018 20:25 | editor : I Putu Suyatra

Dua Wajah Baru Lolos di KPU Tabanan, Salah Satunya Wartawan

BERSYUKUR: I Ketut Sugina saat melakukan persembahyangan, Senin (15/10). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN - Tiga orang Komisioner KPU Tabanan yang merupakan incumbent berhasil lolos dalam seleksi Komisioner KPU Tabanan Tahun 2018. Sedangkan dua orang lainnya yang lolos merupakan pendatang baru. Salah satu pendatang baru itu adalah seorang wartawan, I Ketut Sugina.

Berdasarkan pengumuman penetapan calon anggota KPU Kabupaten/Kota Periode 2018-2023 dengan nomor 1259/PP.06-Pu/05/KPU/X/2018 yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI Arief Budiman pada tanggal 11 Oktober 2018, lima nama teratas di KPU Tabanan adalah I Gede Putu Weda Subawa, Luh Made Sunadi, I Wayan Sutama, Ni Putu Suaryani dan I Ketut Sugina.  Secara otomatis lima orang inilah yang terpilih untuk menjabat sebagai Komisioner KPU Tabanan Periode 2018-2023, mengalahkan lima orang peserta lainnya yang lolos ke tahap Fit and Proper Test.

Tiga nama teratas yakni I Gede Putu Weda Subawa, Luh Made Sunadi dan I Wayan Sutama merupakan incumbent yang sebelumnya memang sudah menjabat sebagai Komisioner KPU Tabanan Periode 2013-2018. Sedangkan Ni Putu Suaryani merupakan pendatang baru, begitu pun dengan I Ketut Sugina yang merupakan seorang wartawan. Para peserta yang lolos pun akan dilantik di Jakarta, Selasa (16/10).

Dari lima orang Komisioner KPU Tabanan Periode 2013-2018, memang hanya tiga orang saja yang kembali mengikuti seleksi, sedangkan dua orang lainnya yakni Ketua KPU Tabanan Periode 2013-2018 Luh Darayoni memilih mengikuti seleksi KPU Provinsi Bali dan satu Komisioner lainnya I Ketut Narta memilih mengikuti seleksi Bawaslu Tabanan. Sayangnya Darayoni tak berhasil menembus KPU Provinsi Bali, sedangkan Narta lebih mujur karena dinyatakan lolos dalam seleksi di Bawaslu Tabanan.

I Ketut Sugina yang juga merupakan Ketua Persatuan Wartawan Tabanan (Pewarta) mengatakan jika dirinya sangat bangga dan bersyukur karena telah lolos dalam seleksi tersebut. Wartawan senior tersebut juga mengaku akan banyak belajar dan siap all out dalam menjalankan tugas sebagai orang baru di KPU Tabanan.

“Saya siap belajar dan all out dalam pengabdian saya untuk mewujudkan pemilu netral dan berintegritas sehingga output yang dihasilkan pun legitimate,” tegas pria asal Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, tersebut.

Dan tentunya, dengan pengalamannya sebagai wartawan yang sebelumnya menjabat sebagai Pimred salah satu media online, dirinya juga siap menyumbangkan kemampuan terbaiknya demi KPU Tabanan. Diakuinya, jika seleksi yang dijalaninya memang tidak bisa dikatakan mudah, namun ayah tiga orang anak tersebut tetap fokus dan selalu berdoa. “Dan ini juga tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga dan sahabat,” tukasnya.

Sementara itu, ditemui di Kantor KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa yang masih sibuk mengerjakan tugas-tugasnya menuturkan jika ia bersyukur atas hasil yang telah diperolehnya. Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan dirinya sehingga bisa lolos kembali menjadi Komisioner KPU Tabanan. “Tentu sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semuanya,” tegasnya.

Ia menambahkan jika pelantikan terhadap dirinya dan seluruh peserta yang lolos akan dilakukan tanggal 16 Oktober 2018 di Jakarta, sehingga ia akan berangkat ke Jakarta Selasa (16/10) pagi sesuai instruksi KPU Provinsi Bali. Dan setelah dilantik, pria asal Banjar Pemenang, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan tersebut mengaku akan langsung kembali menjalankan tugas-tugasnya di KPU Tabanan, mengingat tahapan Pilpres dan Pileg 2019 telah berjalan. “Setelah dilantik kita harus siap menjalankan tugas-tugas seperti biasa karena tahapan Pilpres dan Pileg sudah berjalan,” imbuhnya.

Weda Subawa pun mengakui jika seleksi kali ini lebih berat dibandingkan seleksi saat lima tahun yang lalu karena dirinya merupakan incumbent. Namun seleksi tetap ia jalani secara fokus. “Secara psikis jelas seleksi periode ini lebih berat karena kita incumbent, tetapi kita tetap fokus,” sambungnya.

Terkait siapa yang nanti akan menjadi Ketua KPU Tabanan, dirinya mengatakan bahwa nanti akan dilakukan pemilihan kolektif secara musyawarah mufakat secara internal. Sehingga lima orang Komisioner terpilih yang akan bermusyawarah untuk menentukan Ketua KPU Tabanan nanti. 

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia