Rabu, 21 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Bali Mula Unik, Sajikan Wisata Religi, Kuliner hingga Alam

Rabu, 24 Oct 2018 08:05 | editor : I Putu Suyatra

Bali Mula Unik, Sajikan Wisata Religi, Kuliner hingga Alam

BALI MULA UNIK: Bali Jungle Huts atau Bali Mula Unik yang terletak di Desa Pujungkaja, Tegallalang, Gianyar, ini menyediakan tempat wisata religi hingga alam. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, GIANYAR - Budaya Bali saat ini sudah menjadi bagian dari aktivitas wisata yang ada di Bali. Bahkan tidak jarang wisatawan yang datang ke Bali ingin mengikuti langsung aktivitas ritual yang dilakukan oleh masyarakat Bali.

Salah satu aktivitas ritual yang sering kali dilakukan oleh wisatawan asing yang datang ke Bali adalah ritual membersihkan diri dan meditasi. Sehingga banyak akomodasi wisata yang ada di Bali, khususnya untuk kawasan Ubud dan sekitarnya menyediakan paket wisata budaya ini.

Guna melayani keinginan wisatawan tersebut, Bali Mula Unik atau yang juga dikenal dengan nama Bali Jungle Huts, menyediakan aktivitas budaya tersebut. Destinasi wisata ini cukup unik. Pasalnya di destinasi wisata ini, wisatawan bisa menikmati beberapa aktivitas wisata sekaligus. Seperti apa?

Destinasi yang berjarak sekitar satu kilometer dari kerumunan turis di Teras Ceking Tegallalang, Gianyar, atau tepatnya di Desa Pujungkaja, dikatakan Made Mica, Pengawas Kerja Bali Mula Unik tempat ini menyediakan tiga jenis aktivitas wisata yakni alam, religi, dan rekreasi keluargayang bisa dinikmati oleh wisatawan. “Hal ini tidak salah, karena kami memiliki potensi untuk melakukan ketiga aktivitas wisata tersebut,” jelasnya.

Sebagai tempat melukat, destinasi ini memiliki sebuah sumber air suci yang saat ini didirikan pelinggih dengan nama Taman Nirhyra Sudamala Jelantik. Mata air atau klebutan di Pura Taman, ini dipercaya oleh masyarakat Bali adalah air suci (tirtha) yang digunakan sebagai sarana penyucian.

Sehingga air di Pura Taman ini dapat digunakan untuk melukat atau membersihkan  bandan jasmani dan rohani. “Dalam paket wisata ini, kami memberikan fasilitas ritual pembersihan diri ini kepada wisatawan lengkap dengan ritual yang harus digunakan,” jelasnya.

Selain sebagai sarana melukat, air yang berasal dari kelebutan tersebut diakui Mica merupakan air dengan kualitas yang bagus. Sehingga air tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi wistawan yang datang ke Balu Mula Unik.

Destinasi  wisata ini juga sangat cocok untuk aktivitas relegi lainnya, yakni meditasi. Banyak wisatawan yang datang ke destinasi wisata ini untuk melakukan meditasi. Untuk fasilitasnya, di Bali Mula Unik menyediakan tempat khusus di dekat aliran sungai.

Di lokasi ini iterdapat sebuah air terjun mini, sehingga lokasi ini bisa menjadi lokasi yang nyaman untuk melakukan meditasi. “Untuk mediatasi, kami sediakan tempat khusus, karena aktivitas ini memang memerlukan ketenangan, sehingga wisatawan bisa melakukan meditasi dengan rileks,” tambahnya.

Lantas bagaimana dengan aktivitas wisata alam? Bali Mula Unik juga memiliki sarana outbond yang lengkap. Ada areal yang disediakan oleh pihak pengelola sehingga wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas seperti memancing, berkemah, atau membuat api unggun.

Sedangkan untuk aktivitas lainnya, Bali Mula Unik ini juga memiliki fasilitas untuk menginap bagi wisatawan yang ingin menginap di destinasi ini. Untuk menginap ini, Bali Mula Unik pun menyediakan tiga pondok yang bisa disewa untuk menginap.

Dengan mengambil konsep Jungle huts, maka pondok ini dibangun dari kayu dan bambu. Atapnya pun menggunakan alang-alang. “Meskipun tampak kuno, namun di dalam pondok sudah tersedia fasilitas kelambu, tempat tidur, dan listrik,” tambahnya.

Bali Mula Unik ini menyediakan  12 bangunan (kamar) dengan 2 kamar terdapat kolam renang pribadi serta beberapa kamar lainnya didesain serupa dengan arsitektur jineng Bali. Hal tersebut membuat tempat ini terlihat sangat natural.

Lantas bagaimana dengasn makanan yang disediakan di Bali Mula Unik? Sesuai dengan konsepnya, destinasi wisata ini menyediakan satu jenis menu makanan muntuk para tamunya. Yakni menu masakan khas Bali.

Menu masakan khas Bali yang dimaksud adalah menu makanan tradisional Bali yang dibuat dengan menggunakan bahan baku yang didapat dari areal sekitar destinasi ini berada. “Untuk makanan kami ambil bahan bakunya dari sekitar tempat ini. Mulai dari beras, kacang-kacangan, lauk pauk dan sayuran yang kami gunakan diambil dari hasil pertanian disekitar sini,” tambahnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia