Rabu, 21 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Features
Menengok Expo Lapas Tabanan Serangkaian HKDK

Cuci Motor Jelang Tumpek Landep, Dihibur Jerbezt Band dan Kopi Gratis

Jumat, 26 Oct 2018 21:05 | editor : I Putu Suyatra

Cuci Motor Jelang Tumpek Landep, Dihibur Jerbezt Band dan Kopi Gratis

BERKARYA: Jerbezt Band menghibur masyarakat pada Expo Lapas Tabanan, Jumat (26/10). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN - Halaman samping Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan mendadak ramai. Ada yang mencuci sepeda motor, menyajikan kopi, memberikan pelayanan kesehatan gratis, dan yang tak kalah menarik adalah ada hiburan band. Hal ini pun menarik perhatian masyarakat Tabanan yang melintas.

Alunan musik bergenre klasik rock melantun dari sebuah panggung sederhana di halaman samping Lapas Tabanan, Jumat (26/10). Lima orang pria berbaju putih pun mulai menunjukkan bakatnya, dan sang vokalis mulai bernyanyi. Masyarakat awam mungkin menyangka jika mereka adalah salah satu band papan atas di Tabanan, namun siapa sangka jika band yang bernama Jerbezt Band ini merupakan band yang para personilnya merupakan narapidana yang menjalani hukuman di Lapas Tabanan.

Mereka kemudian menghibur para pegawai Lapas, serta masyarakat umum yang sedang menunggu sepeda motor mereka dicuci di tempat pencucian sepeda motor Lapas Tabanan yang juga dikerjakan oleh narapidana Lapas Tabanan. Harganya pun sangat terjangkau hanya Rp 10.000 per sepeda motor. Kegiatan ini digelar serangkaian Expo Lapas Tabanan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kemenkumham Tahun 2018.

Kalapas Tabanan, I Putu Murdiana menuturkan jika Jerbezt Band ini terbentuk sekitar satu tahun yang lalu dimana Jerbezt merupakan gabungan dari Jeruji Besi, dimana para narapidana dibina dibalik jeruji besi. Awalnya, Murdiana melihat sejumlah narapidana mengisi waktu dengan bermain gitar bolong, sehingga ia berinisiatif untuk memberikan wadah kepada narapidana untuk menyalurkan hobi bermusiknya. “Awalnya kita lihat mereka memiliki potensi, jadi kenapa tidak kita berikan wadah untuk menyalurkan potensi tersebut, yang kemudian kita bina secara rutin,” tegasnya.

Para narapidana yang berminat untuk berlatih music pun dibina seminggu tiga kali yakni setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Namun sebelum berlatih fullband, mereka terlebih dahulu berlatih akustik, kemudian baru lah pihak Lapas Tabanan menyediakan peralatan music seperti drum dan meminjam gitar serta bass. Hingga akhirnya terbentuklah Jerbezt Band yang beranggotakan lima orang narapidana dengan berbagai latar belakang pidana. Mereka adalah Yoga pada Vokal, Ketut pada Gitar, Nuryahya pada Rithm Gitar, Ajus pada Bass dan Tri pada Drum. “Ada narapidana kasus narkotika, pencabulan dan pembunuhan,” lanjutnya.

Tak hanya tampil di acara-acara internal Lapas Tabanan, nantinya Jerbezt Band juga akan tampil pada HUT Kota Tabanan sehingga masyarakat luas lebih mengenal dan mengetahui pembinaan apa saja yang telah dilakukan di Lapas Tabanan. Termasuk akan mengikuti festival band antar Lapas se Bali. Disamping itu, Jerbezt Band juga berencana membuat single dan video klip. “Dengan bantuan Aji Kobar dari E-Production mereka juga sudah membuat sebuah lagu, dan nantinya akan diarranger kemudian direkam dan dibuat videoklip,” sambung Murdiana.

Penampilan Jerbezt Band pun sukses membuat masyarakat yang datang untuk mencuci sepeda motornya terpukau. Menurut Murdiana, Expo Lapas Tabanan ini memang digelar untuk mengenalkan kepada masyarakat jika kegiatan di dalam Lapas tidaklah menyeramkan seperti anggapan selama ini, malahan pembinaan yang dilakukan adalah untuk memberikan ruang berkarya bagi para narapidana sehingga ketika usai menjalani hukuman mereka bisa berguna dimasyarakat. “Kita gunakan momen Tumpek Landep sehingga ada warga binaan kita yang mencuci sepeda motor, kemudian menghibur masyarakat dengan band, lalu menghidangkan kopi gratis kepada masyarakat. Dan masyarakat juga bisa melihat karya kerajinan tangan buatan warga binaan kita,” pungkasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia