Rabu, 21 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Balinese

Warga Karangasem Juga Dihebohkan dengan Colek Pamor Misterius

Senin, 05 Nov 2018 19:27 | editor : I Putu Suyatra

Warga Karangasem Juga Dihebohkan dengan Colek Pamor Misterius

MISTERIUS: Warga Desa Adat Subagan, Karangasem, I Ketut Sujana menunjukkan sanggahnya berisi colek pamor, Senin (5/11). (I MADE MERTAWAN/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, AMLAPURA - Fenomena colek pamor tak hanya muncul di Buleleng. Sejumlah warga di Karangasem juga heboh. Namun ada beberapa tempat yang belum bisa dipastikan pamor yang ada pada bangunan pura itu memang muncul misterius. Sebab sejumlah warga menuturkan saat melaspas memang ada colek pamor. Tapi ada juga yang meyakini, colek pamor itu muncul secara misterius karena sebelumnya tidak ada.

Seperti diungkapkan warga Desa Adat Subagan, Ni Ketut Wana, Senin (5/11). Ia kaget karena palinggih di sanggah kemulannya berisi colekan pamor. Setelah dicek, ternyata sejumlah palinggih merajan dadianya juga ada colek pamor.  Padahal hari-hari sebelumnya itu tidak ada. Ia memastikan hal itu karena setiap hari membanten, termasuk bersih-bersih di sanggah.

“Kalau ada dari dulu, pasti saya sudah tahu. Tidak sampai kaget melihatnya,” terang dia ditemui di rumahnya.

Fenomena itu juga terjadi di sejumlah pura lainnya di wilayah Desa Subagan. Namun belum dipastikan kebenarannya. “Di pasar jadi obrolan. Saya tidak berani memastikan  benar apa tidak. Terkecuali bisa dipastikan bahwa sebelumnya tidak ada. Ternyata setelah dicek, ada. Saya akan hubungi wartawan,” ujar Bendesa Adat Subagan, I Gede Karang.

Hal serupa juga diakui seorang warga Tiyingtali, Kecamatan Abang, I Nyoman Orta Susila. Pegawai KPU Karangasem, ini kaget sanggah di rumahnya ada colek pamor. Memang, saat melaspas belum lama ini, ada ritual colek pamor.  Tapi posisinya berbeda. “Colek pamor saat melaspas dengan yang saya temukan ini beda,” jelas Orta Susila, meyakinkan. 

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia