Senin, 19 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Libur Dipawali Hanya untuk Hindu Keturunan India

Rabu, 07 Nov 2018 07:33 | editor : I Putu Suyatra

Libur Dipawali Hanya untuk Hindu Keturunan India

FAKULTATIF: Surat Edaran Sekda Bali menyatakan libur fakultatif hari ini, Rabu (7/11) karena perayaan Dipawali. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Daftar hari libur agama Hindu yang dimintakan libur nasional dan libur fakultatif dari Dirjen Bimas Hindu tahun 2018 beredar. Salah satunya adalah libur Hari Raya Dipawaliyang jatuh hari ini, Rabu (7/11). Ditegaskan, hari libur tersebut bersifat fakultatif, yakni hanya berlaku bagi sebagian kalangan.

Menanggapi soal Dipawali, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Badung, I Gede Wijaya, Selasa (6/11) mengatakan, diberikan dispensasi bagi yang merayakan Dipawali.  Hal tersebut sesuai Surat Edaran yang ditandatangani Sekda Provinsi Bali. Dalam surat tertanggal 6 November 2018 tersebut dinyatakan, dispensasi hanya berlaku bagi umat yang merayakan hari kemenangan dharma tersebut.

“Dispensasi bagi yang merayakan. Ada surat resmi dari Sekda Provinsi Bali, ini baru kami terima,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wijaya menegaskan kepada ASN di lingkungan Pemkab Badung, dispensasi hanya berlaku bagi yang merayakan, dalam hal ini umat Hindu keturunan India. “Jadi, tidak libur. Dispensasi fakultatif hanya diberikan kepada yang merayakan Dipawali, yaitu Hindu keturunan India,” jelasnya.

Dengan demikian, mantan Kabag Humas Setda Badung itu memastikan aktivitas di Pemkab Badung masih berjalan seperti biasa. “Pelayanan tetap berjalan normal,” tandasnya.

Libur Dipawali mulai diterapkan 2017 lalu. Saat itu, libur diberlakukan bagi seluruh ASN di Bali. Namun, pada tahun ini libur hanya bersifat fakultatif.

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia