Rabu, 21 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Bali

ABG Residivis Curi Belasan Burung, Seekor Dijual Rp 2,5 – 5 Juta

Jumat, 09 Nov 2018 09:18 | editor : I Putu Suyatra

ABG Residivis Curi Belasan Burung, Seekor Dijual Rp 2,5 – 5 Juta

SANGKAR: KBO Reskrim Polres Buleleng Iptu Dewa Putu Sudiasa (kanan) menunjukkan burung-burung hasil kejahatan di depan pelaku Komang AJ, di Mapolres Buleleng, kemarin. (I PUTU MARDIKA BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, SINGARAJA – Lagi-lagi tindak kejahatan melibatkan anak baru gede (ABG) alias remaja. Kali ini, belasan ekor burung berhasil disita jajaran Polsek Sukasada. Burung-burung bernilai tinggi ini merupakan hasil kejahatan yang dilakukan Komang AJ, 17, pada Jumat (16/10) lalu. Mirisnya, remaja asal Banjar Dinas Enjungsangiang, Desa Kaliasem Kecamatan Banjar rupanya seorang residivis kasus pencurian.

KBO Reskrim Polres Buleleng Iptu Dewa Putu Sudiasa menjelaskan, pelaku AJ beraksi di rumah korban Ketut Sumenada, 34, di Banjar Dinas Witajati, Desa Selat, Kecamatan Sukasada. Pelaku masuk dengan cara mencongkel engsel pintu rumah korban yang dalam kondisi kosong.

Setelah berhasil masuk, AJ langsung mengambil 11 ekor burung milik korban. Agar aksinya lebih mudah, pelaku  AJ membawa 5 buah kandang jangkrik yang dipergunakan untuk membawa burung curiannya.

“Selanjutnya pelaku membawa burung curian ini ke Banjar Dinas Mertasari, Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan untuk dijual. Jenis burungnya semua Murai Medan. Tiap ekor dijual di kisaran Rp 2,5 juta - Rp 4 juta,” ujar Iptu Sudiasa, Kamis (8/11) siang.

Meski masih di bawah umur, pelaku AJ tetap akan diproses secara hukum dan tidak dilakukan diversi. Ia dijerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 3,4 dan 5 dan KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Pasalnya AJ sudah berulang kali terlibat dalam kasus pencurian. Di antaranya pencurian sepeda motor di wilayah Hukum Polsek Seririt dan percobaan pencurian babi di wilayah hukum Polsek Sukasada.

“Anak (pelaku, Red) ini sudah berulang melakukan aksi pencurian. Jadi tidak dilakukan diversi lagi. Kalau diversi syaratnya hanya diberikan untuk kasus yang bukan pengulangan. Artinya sekali saja. Kalau pengulangan tidak lagi diversi,” bebernya.

Selain mengamankan pelaku AJ, polisi juga mengamankan seorang pencuri burung bernama Alfian, 21. Pria yang tinggal di Jalan parkit, No 18 Kelurahan Kaliuntu, Kecamatan Buleleng ini terbukti mencuri dua ekor burung milik korban Kadek Suarjana, 49, di kawasan Gang Cempaka, Dusun Dangin Margi, Desa Pemaron, Kecamatan Buleleng.

Pelaku beraksi pada Senin (8/10) sekira pukul 09.00 Wita pagi. Modusnya, pelaku masuk ke dalam rumah yang tidak terkunci. Lalu Alfian menggondol dua ekor burung jenis Cicak Hijau dan Cicak Rowo lengkap dengan sangkarnya. Oleh penyidik, pelaku Alfian dijerat dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

(bx/dik/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia