Rabu, 21 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Lihat Kunci Nyantol, ODGJ Gondol Motor Orang

Jumat, 09 Nov 2018 09:29 | editor : I Putu Suyatra

Lihat Kunci Nyantol, ODGJ Gondol Motor Orang

BARANG BUKTI: Motor milik korban yang dicuri pelaku ODGJ saat terparkir di Mapolres Buleleng. (I PUTU MARDIKA BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, SINGARAJA - Dewa Putu Andre Anggara, 22, terpaksa diringkus Jajaran Polsek Banjar. Andre terbukti mencuri sepeda motor Beat Hitam DK 7230 VU milik Ketut Agung Sudarsana, warga Banjar Dinas Ideran, Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar.

Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya menjelaskan pelaku beraksi pada Jumat (12/10) sekira pukul 05.00 di Banjar Dinas Ideran, Desa Kayuputih. Pria yang merupakan warga Desa Munduk, Kecamatan Banjar ini nekat mencuri motor korban yang tengah terparkir di rumahnya.

Saat beraksi, Angga tanpa kesulitan mengambil motor milik korban. Pasalnya motor tersebut terparkir dalam kondisi kunci nyantol. Setelah motor berhasil diambil, pelaku langsung kabur menuju rumahnya. “Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata ada infomasi bahwa motor korban ada di rumah pelaku. Langsung kami amankan pelaku,”jelasnya.

Mengetahui kendaraan yang diparkir hilang, korban Agung Sudarsana pun melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Banjar pada hari itu juga. Polisi yang mendapat laporan segera melakukan penyelidikan.

Rupanya, usut punya usut sang pelaku memang mengalami gangguan kejiwaan atau disebut Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Infomasi tersebut diperoleh dari beberapa warga yang menyebutkan jika pelaku memang mengalami gangguan kejiwaan.

Bahkan kondisi itu diperkuat setelah pelaku mengantongi kartu kuning dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli. Sumarjaya menyebut secara hukum, pelaku tidak lagi dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya lantara mengalami gangguan kejiwaan. “Sekarang pelaku posisinya di RSJ Bangli. Jadi sesuai dengan pasal 44 KUHP dia (pelaku, Red) tidak bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya karena mengalami gangguan kejiwaan,” bebernya.

(bx/dik/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia