Kamis, 13 Dec 2018
baliexpress
icon featured
Balinese

Tari Pendet 2.621 Saat HUT Mangupura Pecahkan Rekor MURI

16 November 2018, 19: 12: 37 WIB | editor : I Putu Suyatra

Tari Pendet 2.621 Saat HUT Mangupura Pecahkan Rekor MURI

PENDET: Ribuan penari pendet memeriahkan HUT Mangupura ke-9 di Lapangan Mangupraja Mandala, Jumat (16/11). (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Salah satu suguhan yang memukau pada Puncak HUT Mangupura ke-9 adalah pementasan Tari Pendet kolosal yang diikuti 2.621 penari.  Penari yang notabene ibu-ibu PKK seluruh Badung ini memadati lapangan Mangupraja Mandala. Tari pendet kolosal ini bahkan berhasil mencetak Museum Rekor Indonesia (MURI) kategori penari terbanyak.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Badung, Nyonya Seniasih Giri Prasta mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk melestarikan Tari Pendet di kalangan ibu-ibu. "Kami ingin Tari Pendet yang tergolong tarian sakral ini dilestarikan dengan mengajak ibu-ibu PKK Badung untuk bisa menarikannya," ungkapnya.

Istri dari Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta ini berharap, kegiatan yang dipersiapkan selama satu bulan lebih ini bisa dicontoh oleh kabupaten lain dalam rangka pelestarian seni, adat dan budaya. "Kami juga mengajak seluruh ibu-ibu PKK desa untuk belajar Tari Pendet. Ke depan, anak-anak TK di Badung juga akan kami imbau agar diajarkan menari di sekolah masing-masing," yakinnya.

(bx/adi/bay/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia