Sabtu, 15 Dec 2018
baliexpress
icon featured
Bali Under The Moon

Tiga Titik Pipa Transmisi PDAM di Tabanan Rusak

01 Desember 2018, 11: 01: 02 WIB | editor : I Putu Suyatra

Tiga Titik Pipa Transmisi PDAM di Tabanan Rusak

Kepala Bagian Hubungan dan Langganan PDAM Tabanan Ida Bagus Marjaya Wirata (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN - Sedang pipa transmisi di tiga titik di Kabupaten Tabanan mengalami kerusakan pasca wilayah Tabanan dan sekitarnya diguyur hujan deras belakangan ini. Meskipun sempat mengalami gangguan selama beberapa jam, namun pipa transmisi langsung diperbaiki agar pelayanan tidak terganggu.

Kepala Bagian Hubungan dan Langganan PDAM Tabanan Ida Bagus Marjaya Wirata didampingi Kasubag Humas PDAM Tabanan I Gede Wijaya Arnawa menyebutkan, tiga titik pipa transmisi yang sempat di Desa Perean, Kecamatan Baturiti, di Subak Gangsang, Desa Petiga, Kecamatan Marga, dan di Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat. Kerusakan terjadi akibat tanah longsor setelah diguyur hujan deras.

"Jadi memang ada 3 pipa transmisi yaitu saluran pipa dari sumber ke induk yang sempat mengalami kerusakan pada hari Rabu lalu," ujarnya Jumat (30/11) kemarin.

Namun kerusakan tak berlangsung lama, karena setelah mendapatkan laporan dari bawah, pihaknya langsung turun melakukan perbaikan saat itu juga tanpa menunggu hari esok. Karena kerusakan yang terjadi, menurutnya mempengaruhi pelayanan terutama dalam hal pendistribusian. "Tetapi dengan kesiapan PDAM kita langsung kerjakan perbaikan saat itu juga tanpa menunggu hari esok. Dan sekarang sudah normal kembali," tegasnya. 

Ia menegaskan dengan jumlah pelanggan PDAM di Tabanan sebanyak 56.808 hingga diakhir bulan November 2018 ini, pihaknya terus berusaha memaksimalkan pelayanan. Kendatipun jumlah pelanggan terus bertambah namun di tahun 2019 mendatang PDAM Tabanan belum memiliki rencana untuk menambah sumber air baku. "Tetapi maksimalkan sumber-sumber yang ada, kemudian menekan kebocoran," imbuhnya.

Pihaknya pun menghimbau kepada masyarakat saat memasuki musim hujan seperti saat ini agar menampunh air untuk mengantisipasi bencana seperti tanah longsor atau banjir yang bisa saja terjadi.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia