Sabtu, 15 Dec 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Nusa Penida Disesaki Bangunan Akomodasi Wisata Tanpa Izin

07 Desember 2018, 09: 58: 37 WIB | editor : I Putu Suyatra

Nusa Penida Disesaki Bangunan Akomodasi Wisata Tanpa Izin

I Nengah Mudiana (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, SEMARAPURA- Perkembangan pariwisata di Nusa Penida membuat investor meliriknya. Namun berdasarkan hasil observasi Komisi I DPRD Klungkung, pembangunan akomodasi wisata di Nusa Penida mulai tidak terkontrol. Ketua Komisi I DPRD Klungkung, Nengah Mudiana mengungkapkan, belasan akomodasi wisata berdiri tanpa mengantong izin.

Ia mencontohkan, bangunan tak berizin itu, misalnya tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hingga izin terkait lainnya. Ada juga yang membangun di atas tanah milik negara atau melanggar sempadan pantai. Hal itu terungkap saat Komisi I melakukan observasi sekitar tiga pekan lalu. Hingga kini, baru beberapa yang ditindak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klungkung sebagai instansi penegak peraturan daerah (perda).

 “Sempat kami telusuri kenapa bisa terjadi. Pengawasan kurang, personil Pol PP terbatas di sana,” ujar Mudiana ditemui di gedung DPRD Klungkung Kamis (6/12) kemarin.

Dengan keterbatasan Pol PP di Nusa Penida, semestinya ada solusi lain. Salah satunya bersinergi dengan desa adat yang mewilayahi tempat investor membangun usahanya. Jika ada investor membangun tanpa izin agar disampaikan ke pemerintah daerah. Sebab pembangunan tanpa izin itu sangat merugikan pemerintah. Terutama dari sisi PAD. Tempat usaha yang tidak berizin itu tidak bisa ditarik pajak.

 “Iya itu, pajak tidak kami (pemerintah,Red) dapat,” tandas politikus Partai Gerindra asal Desa Gelgel itu.

Dikonfirmasi terpisah, Kasat Pol PP Klungkung Putu Suarta justeru mengatakan jumlah akomodasi yang tidak berizin lebih dari itu. Bagi akomodasi yang terlanjur beroperasi akan diupayakan dengan izin bersyarat. Sedangkan yang masih tahap pembangunan akan dihentikan.  Catatan Bali Express (Jawa Pos Group), Satpol PP Klungkung sempat menghentikan dua proyek yang tidak berizin di Nusa Penida baru-baru ini. Yakni proyek sarana water sport (olahraga air) di Desa Batunggul, serta proyek akomodasi wisata di Banjar Nyuh, Desa Ped. Proyek yang baru sebatas pondasi itu membangun memanfaatkan tanah negara tanpa izin.

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia