Sabtu, 15 Dec 2018
baliexpress
icon featured
Bali Under The Moon

DJ Berlin Bintang; Menikmati Proses, Merasakan Hasil

07 Desember 2018, 10: 42: 40 WIB | editor : I Putu Suyatra

DJ Berlin Bintang; Menikmati Proses, Merasakan Hasil

BERSINAR : Kiprah DJ Berlin Bintang kini sedang bersinar. Terlebih jelang akhir November 2018 lalu dirinya diundang dalam Festival Electronic Dance Music (EDM) di India. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, KUTA - Kata orang proses tidak pernah mengkhianati hasil. Mungkin ini juga yang tengah dirasakan Disk Jokey (DJ) Berlin Bintang. Keputusannya untuk menjadi joki cakram justru membuat namanya berkibar. Bahkan belum lama ini dia sempat mewakili Bali, tempat kelahirannya, pada Festival Electronic Dance Music (EDM) di India.

Keikutsertaan dalam Festival EDM pada 24 November 2018 lalu seolah menjadi pembuktian bagi DJ Berlin Bintang. Bahwa, setiap profesi akan menjanjikan hasil yang positif sepanjang diniatkan dengan kuat dan dijalani dengan tekun.

Sejatinya, female DJ dengan nama lengkap Berlin Chintia Bintang ini mengawali karirnya di dunia musik sebagai seorang vokalis. Posisi itu dia lakoni saat bergabung dalam sebuah kelompok musik akustik yang kerap melantunkan lagu-lagu To 40.

Namun pada 2008 silam, perempuan kelahiran Denpasar, 23 September 1988, ini mengambil keputusan besar. Banting stir sebagai female DJ dan masuk industri EDM. Dan keputusannya itu ternyata tidak sia-sia. Setelah menikmati proses yang harus dilalui, kini langkahnya sebagai joki cakram kian moncer. Bahkan sekarang dirinya mengaku seringa kebanjiran job untuk manggung.

Dan tahun ini menjadi momen yang begitu padat bagi DJ yang akrab disapa Berlin ini. Produktivitasnya sebagai seorang DJ sedang tinggi-tingginya. Bagaimana tidak, pada September lalu, perempuan yang menempati posisi ke-39 Asia serta rangking ke-5 Indonesia versi DJanes Top 2017 silam ini telah meluncurkan single perdananya. Single dengan title “I Don’t Give A Damn” bahkan sudah bisa dinikmati dengan platform digital dan di putar di beberapa radio di Indonesia.

Yang membuat Berlin bangga, single tersebut rupanya mendapatkan respon yang positif dari masyarakat luas. Bukan hanya di Indonesia saja. Namun di level mancanegara.

Aktivitas Berlin kian padat dengan kesibukan melakukan podcast yaitu mix dance music yang dibuatnya untuk ditayangkan secara on air di FBI FM Bali setiap Rabu dan masih berlangsung sampai sekarang. Itupun sembari tetap merilis beberapa remix dan program video mixshow melalui akun sosial media pribadinya.

Tak sampai di situ saja. Di sela-sela waktu produktifnya, dia juga masih melakukan show dan mendapatkan undangan untuk bermain dalam berbagai event besar. Baik yang digelar di Bali maupun di beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Puncaknya pada 24 November 2018 lalu. Saat pecinta genre R&B dan Mush-Up ini mampu membawa nama Bali ke skala internasional. Yakni turut serta dalam EDM Festival India bertajuk Hydro Fusion 2018. Sebuah festival yang memadukan berbagai genre musik EDM.

“Jadi sebenarnya aku bisa ke sana itu mendapatkan undangan langsung untuk tampil dalam EDM Festival India yang bertajuk Hydro Fusion 2018,” tutur Berlin saat diwawancarai koran Bali Express (Jawa Pos Group) belum lama ini.

Keterlibatan dalam festival itu tentu tidak mau disia-siakan Berlin. Totalitasnya sebagai DJ dia kerahkan sepenuhnya. Dari performanya yang selama ini dikenal atraktif hingga racikan kreativitasnya yang menjadikan bunyi-bunyian khas Bali sebagai sebuah referensi utamanya. Dan usahanya itupun cukup sukses menghipnotis crowd di festival tersebut.

“Momen ini adalah kesempatan besar bagi aku untuk membuktikan diri sebagai female DJ asal Bali. Dan aku pun memainkan instrumen mix Bali dalam beberapa lagu yang dibawakannya. Terbukti, aku sendiri melihat kalau penikmat musik di India sangat menikmati permainan dance music hasil racikan aku,” kenangnya.

Tidak hanya itu, Berlin juga turut berbangga, karena selain bisa memperkenalkan nama Bali, dirinya bisa tampil bersama beberapa DJ terkenal di kelasnya dari beberapa negara lain.

“Jadi event ini memang sangat spesial di India. Bahkan setiap tahunnya antusias penikmat musik EDM di sana sangat terasa. Event ini sepertinya selalu ditunggu-tunggu. Aku juga sangat senang. Ini pertama kalinya aku tampil di India. Dan aku tidak menyangka orang di sana sangat welcome. Bahkan mereka menyukai musik-musik yang aku bawakan. Ya, paling tidak dalam festival ini saya bisa membawa nama Bali untuk semakin dikenal di kalangan internasional,” lanjut Berlin.

Terkait resolusinya di 2019, khususnya yang menyangkut profesinya sebagai female DJ, dengan sedikit tersenyum perempuan bertubuh seksi ini mengatakan masih tetap menyiapkan sesuatu yang baru khusus untuk para penikmat dance music.

“Ya harapannya, semoga tahun depan aku bisa menorehkan prestasi dan karya yang lebih banyak lagi. Dan tentunya akan lebih banyak lagi job-job internasional yang bisa aku dapatkan demi membawa nama Indonesia dan Bali,” tutupnya.

(bx/vir/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia