Sabtu, 15 Dec 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Pastika: 25 Tahun, Ada Peraturan yang Bikin Ketimpangan Utara-Selatan

07 Desember 2018, 21: 59: 42 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pastika: 25 Tahun, Ada Peraturan yang Bikin Ketimpangan Utara-Selatan

Made Mangku Pastika (DOK. BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, SINGARAJA - Selain mengundang Gubernur Bali Wayan Koster, Komunitas Jurnalis Buleleng (KJB) juga mengundang sejumlah tokoh lain dalam diskusi akhir tahun Enjok Enjing Kaje Kelod (ketimpangan selatan-utara, Red) Part 2, edisi Menagih Janji menjadi tema di Buleleng, Jumat (7/12).

Para tokoh itu di antaranya mantan Gubernur Bali dua periode Made Mangku Pastika, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana. Hanya saja, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta berhalangan hadir lantaran tengah berada di Bandung, Jawa Barat untuk acara kunjungan kerja.

Dalam diskusi tersebut, mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika didaulat menjadi pembicara yang pertama. Ia memaparkan sejumlah capaian selama 10 tahun memimpin Bali, sejak 2008 hingga 2018. Mulai dari program bedah rumah, Simantri, pembangunan SMA/SMK Bali Mandara.

“Memang Buleleng pincang dari dulu. Dan sengaja dibuat pincang. Sejak 25 tahun sebelum 2009, by design pembangunan pariwisata selalu dipusatkan di selatan. Ada peraturannya. Tidak pernah ada kawasan pariwisata di Buleleng. Lalu sudah pasti sulit mewujudkan hotel di Buleleng,” ujarnya

Bila warga Buleleng ingin bersaing dengan Bali Selatan dalam merebut kue pariwisata, maka Buleleng harus menyiapkan obyek wisata yang menarik bagi wisatawan. Tak cukup disana, SDM pun juga harus disiapkan agar memiliki daya saing dengan kabupaten lainnya.

“Sumber daya manusia harus orang-orang unggul. Pendidikan harus maju. Saya buat SMA/SMK Bali Mandara, SMK Taruna di Kaliasem apa maksdnya? Ya pasti ada maksudnya. Pasti ada tujuannya. Dan harus diingat 75 persen dari siswa Bali Mandara itu berasal dari Buleleng,” bebernya.

(bx/dik/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia