Selasa, 22 Jan 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Puluhan Foto Bertajuk Rwa Bhineda Dipamerkan

14 Desember 2018, 09: 14: 56 WIB | editor : I Putu Suyatra

Puluhan Foto Bertajuk Rwa Bhineda Dipamerkan

PAMERAN: Puluhan karya seni foto yang dipamerkan pada Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Jalan Mataram Lumintang, Denpasar, Kamis kemarin (13/12). (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, DENPASAR - Hasil jepretan tiga fotografer Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dipamerkan. Terdapat 30 foto dipajang dalam kegiatan memperingati HUT LKBN Antara yang ke-81 itu. Pembukaan pameran itu dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ni Luh Putu Putri Suastini Koster di kantor LKBN Antara, Jalan Mataram, Lumintang Denpasar, Kamis kemarin (13/12). 

Dalam kesempatan itu, Putri Suastini berharap fotografer bisa meningkatkan talenta dalam bidangnya. Dia juga mengatakan agar LKBN Antara menjadi media yang terdepan dalam edukasi melalui pemberitaan. Khususnya terkait kebijakan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Terkait foto ini dapat kita lihat apa yang sedang terjadi, banyak yang bertajuk Rwa Bhineda. Yaitu ada momen sedih dan juga ada yang bergembira," terangnya.

Putri Suastini Koster berharap melalui pameran tersebut sebagai pembelajaran bagi generasi yang akan datang. Bahwa foto - foto itu sebagai bukti sejarah yang pernah terjadi. Terlebih foto itu saksi bisu yang menceritakan berbagai momen. Mulai kegembiraan, perjuangan, kesedihan atau sebuah bencana.

Istri Gubernur Bali, Wayan Koster itu menambahkan, memaknai hari kelahiran LKBN Antara sendiri, diharapkan mengoptimalkan peran dalam membimbing masyarakat. Terlebih untuk menjembatani hubungan antara masyarakat dengan pemerintah.  "Foto yang paling wah tadi antara orang dengan api yang dimainkannya. Sepintas saya lihat seperti tarian Sang Hyang Jaran," ucapnya.

Lanjut dia,  selain dinilai unsur Rwa Bhineda juga ada foto yang mengedepankan unsur keindahan. Yaitu mulai dari tarian massal, sampai sebuah padmasana yang terkena ombak pasang. Sehingga ia merasa selama di tempat pameran yang cukup mungil itu dikatakan dapat memainkan emosi setiap orang yang datang ke sana dengan melihat foto - foto tersebut. 

Pada peringatan HUT Antara ke-81, Putri Koster juga memberikan hadiah khusus kepada Antara berupa puisi berjudul Sumpah Kumbakarna. Puisi itu yang mengandung pesan rasa nasionalisme kepada negara. 

Dalam kesempatan itu terdapat 30 foto yang dipamerkan dan ditempel pada dinding-dinding kantor setempat.  Seakan ruangan redaksi dirubah sementara untuk dijadikan sebuah galeri foto. Pelaksanaan pameran foto juga akan berlanglung hingga 16 Desember 2018 ini. Selain 30 foto tunggal, terdapat juga 1 foto seri dan 1 foto cerita. 

Pada tempat yang sama Kepala Antara Biro Bali, Edy M Yakub mengatakan, ada sejumlah kegiatan selain pameran foto. Antara lain, seminar ekonomi bersama Kadin, pelatihan jurnalistik ke SMAN 1 Denpasar, dan pembekalan jurnalistik kepada peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang diselenggarakan BUMN di Bali. "Pameran 30 foto tunggal yang semuanya merupakan karya fotografer LKBN Antara Biro Bali, yakni I Nyoman Budhiana, Wira Suryanyala, dan Naufal Fikri Yusuf," tandasnya.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia