Kamis, 17 Jan 2019
baliexpress
icon featured
Features
Dari Perayaan HUT Partai Golkar ke-54 di Bali

Demer Baca Sambutan, Suasana Jadi Panas dengan Aksi Percepat Musdalub

19 Desember 2018, 20: 23: 13 WIB | editor : I Putu Suyatra

Demer Baca Sambutan, Suasana Jadi Panas dengan Aksi Percepat Musdalub

DESAK MUSDALUB: Para kader Golkar Bali mendesak Musdalub dipercepat saat perayaan ulangtahun, Rabu (19/12). (KETUT ARI TEJA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, DENPASAR - Suasana gembira dan kebersamaan dalam peringatan HUT ke-54 Partai Golkar berubah menjadi tegang. Karena saat Plt Ketua DPD I Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih alias Demer menyampaikan sambutan, tiba-tiba ada aksi demontrasi, membentangkan spanduk desakan Musdalub (Musyawarah Daerah Luar Biasa) Golkar Bali dipercepat. Bahkan sempat membuat situas jadi tegang.

Acara HUT Golkar dilaksanakan di wantilan Gedung DPD I Golkar Bali. Serimonial diawali dengan, Evaluasi, Strategi dan Monitoring Pileg dan Pilpres 2019 Serta Pelantikan Badan Hukum dan HAM (Bakumham) DPD I Golkar Bali. Agenda ini berjalan baik. Dalam acara ini hadir Ketua Korbid Kepartaian DPP Golkar, Ibnu Munzir dan Plt. Ketua DPD I Golkar Bali Gede Sumarjaya Linggih. Dua tokoh ini disambut dengan baleganjur dan pengalungan bunga.

Situasi masih tenang. Tapi, ketika mulai memotong tumpeng mulai suasana sedikit tegang.  Tiba - tiba, kader yang hadir merangsek ke wantilan. Dan saat Demer mulai membacakan sambutan, tiba - tiba terbentang spanduk dengan beragam tulisan. Misalnya, “Penundaan Musdalub ada apa? Amankan SK Plt nomor 362, Jeg Engalin Musdalub”. Termasuk juga beberapa kalimat lain.

Ditambah lagi politisi gaek Golkar asal Bangli Wayan Mantik berorasi. Anggota Dewan Penasehat DPD Golkar Bangli, ini teriak – teriak menyampaikan agar Demer segera melakukan Musdalub.

“Segera Musdalub, Plt Demer segera Musdalub. Percepat Musdalub,” kata Mantik. “Jangan malah memecah belah kader,” teriaknya.

Dalam situasi ini, sempat ada beberapa pihak yang terpancing dan emosi. Bahkan sudah ada yang mendekati Mantik, namun ada yang melerai. Jelas situasi ini mengganggu Demer yang sedang membaca sambutan. Hingga akhirnya Ketua Korbid Kepartaian DPP Golkar Ibnu Munzir naik podium dan memberikan arahan. Situasi mulai tenang. Namun spanduk tetap tidak turun.

Saat acara serimonial selesai, Demer dan Ibnu Munsir masuk ruangan dan memberikan penjelasan ke media. Namun di luar kembali ramai dengan teriakan – teriakan aksi demo.

“Ini demokrasi, biasa kami di Golkar. Ada yang menyampaikan pendapat itu demokrasi,” kata Ibnu Munzir.

Baginya, penunjukkan Demer sebagai Plt. Ketua DPD Golkar Bali sudah melalui berbagai mekanisme yang ada di Golkar. Dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya juga membenarkan bahwa Plt. Ketua DPD Bali diberi tugas untuk mempersiapkan pelaksanaan suksesi kepemimpinan di tubuh beringin Bali melalui Musdalub.

“Ada desakan mempercepat Musdalub, kami akan kaji dulu,” kata dia.

Sedangkan Demer, mengaku tidak hanya menerima aspirasi mempercepat Musdalub sebelum Pemilu 2019, tetapi juga aspirasi pelaksanaan Musdalub usai Pemilu 2019. Seperti diketahui, delapan DPD II minus Gianyar diantaranya mendesak Musdslub sebelum Pemilu 2019. “Kami juga menerima aspirasi dari PK – PK (Pengurus Kecamatan) yang condong tidak ada Musdalub dulu, sampai selesai Pemilu,” kata Demer. 

(bx/art/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia