Kamis, 17 Jan 2019
baliexpress
icon featured
Balinese

Pemedek Pura Dalem Puri Sembahyang di Atas Tumpukan Sampah

09 Januari 2019, 19: 42: 38 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pemedek Pura Dalem Puri Sembahyang di Atas Tumpukan Sampah

BANYAK SAMPAH: Suasana di Pura Dalem Puri, Desa Besakih, Rendang, Karangasem yang dipenuhi sampah. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, AMLAPURA - Setiap usaba di Pura Dalem Puri, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem,  sampah masih menjadi persolan. Pun demikian dengan usaba tahun ini, pemandangan  pamedek sembahyang di atas tumpukan sampah masih terjadi. Terutama di madya mandala. Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha pun tak menampik kondisi itu.

Widiartha kepada Bali Express (Jawa Pos Group), Rabu (9/1), mengatakan, pihaknya tak bisa berbuat banyak untuk menanggulangi tumpukan sampah itu. Sampah sisa sarana upacara dan sampah plastik berserakan tak terlepas dari membeludaknya pamedek nangkil ke sana. Dari pagi hingga malam hari hampir tak pernah sepi. Hal itu menyulitkan petugas kebersihan membersihkan areal pura. Sehingga untuk usaba tahun ini, kawasan utama mandala dan madya mandala sengaja tak dibersihkan dulu. Pembersihan akan dilakukan saat nyineb.

"Kami tidak ingin petugas kebersihan ikut berdesak-desakan. Sering terjadi, mereka yang akan sembahyang saja susah mencari tempat duduk," terangnya.

Sebagai upaya mengantisipasi tumpukan sampah, puluhan tempat sampah ditempatkan di sana. Namun  tak bisa menampung semua sampah. Sampah masih saja berserakan, bahkan plastik sampai terbang.  

Widiartha menegaskan, kawasan suci tersebut sebenarya bisa bebas dari sampah, dengan catatan adanya kesadaran dari umat Hindu yang nangkil. Yakni tidak membuang sampah di sana. Pamedek  bisa membuang sampah di tempat sampah yang ditemui dalam perjalanan pulang.

"Masih banyak pamedek yang belum sadar membuang sampah pada tempatnya," terang Widiartha. Ke depan, pihaknya berharap pamedek yang nangkil saat usaba di Pura Dalem Puri membiasakan diri tidak buang sampah sembarangan di sana. Pihaknya menghargai tradisi menikmati lungsuran di Dalem Puri usai sembahyang. Namun sampahnya agar dibuang pada tempatnya.  

Seperti diketahui, usaba di Pura Dalem Puri dilaksanakan 6 Januari 2019. Upacara masineb Minggu 13 Januari 2019. "Hampir 24 jam ramai," tandas Widiartha. 

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia