Rabu, 20 Feb 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Warung BK Bali, Sajikan Menu Sate dan Gulai Unik

24 Januari 2019, 11: 09: 43 WIB | editor : I Putu Suyatra

Warung BK Bali, Sajikan Menu Sate dan Gulai Unik

MENU UNIK: Deretan menu sate dan gulai yang disajikan Warung BK Bali, dipadu dengan suasana yang nyaman. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, DENPASAR - Mendengar nama sate dan gulai (gule), hal pertama yang terpikirkan adalah peket menu sate dan gulai kambing. Jenis menu ini memang bukan makanan khas Bali, dan umumnya dibuat dengan bahan baku daging kambing. Tapi bagaimana rasanya menu ini jika tak berbahan daging kambing, tapi daging jenis lainnya yang tak biasa.

Inilah yang telah dihadirkan dari tangan juru masak Warung BK Bali yang berlokasi di Jalan Kenyeri Gang Abimanyu Nomor 1 Denpasar. Dimana menu sate dan gulai yang disajikan bukanlah menu berbahan dasar daging kambing. Tapi sate dan gulai tersebut dibuat dari beberapa daging lainnya, seperti babi, bebek dan kakul.

Ketika ditemui kemarin (23/1), Owner Warung BK Bali yang biasa disapa bli Kodrat mengatakan, menu masakan yang disajikan di warungnya merupakan jenis menu yang cukup jarang disajikan dalam industri kuliner di Bali. “Dari pengamatan saya, jenis menu sate gulai bebek belum ada yang jual di Bali. Sehingga bisa dikatakan ini merupakan menu yang cukup unik,” ucapnya.

Meskipun menggunakan daging bebek, namun menu masakan di Warung BK Bali diakui Kodrat tidak menghasilkan daging yang alot dan amis. “Karena dengan proses pengolahan yang tepat, daging bebek yang disajikannya akan menghasilkan tekstur daging yang lembut dan gurih,” lanjutnya.

Bebek yang digunakan untuk membuat sajian ini merupakan bebek peking. Karena bebek jenis ini memiliki daging yang tebal dan menyerap bumbu lebih cepat. Sehingga porsi daging yang disajikan, benar-benar daging yang lembut dan gurih.

Ciri khas lain pada sajian menu sate dan gulai bebek, yakni citarasa gulai yang kaya rempah, dengan rasa pedas yang tidak menyengat. Untuk rempah-rempah yang digunakan, diakui bli Kodrat adalah rempah-rempah segar yang diproses dengan cara manual. Sehingga dia berani menjamin, seluruh bumbu dan bahan yang digunakan adalah bumbu dan bahan baku segar. 

Selain bebek, menu lain yang tidak kalah unik yakni sate dan gulai kakul. Selain langka, penyajian menu ini juga cukup unik, yakni dijadikan sate bumbu kacang, dan dimasak dengan kuah gulai yang kaya rempah. “Kakul ini menjadi menu yang unik. Karena ketersediaannya tergantung pada musimnya,” jelasnya.

Sehingg untuk menu kakul, diakui Kodrat tidak bisa tersedia setiap hari. Untuk harga, menu sate seperti sate babi, sate bebek dan sate kakul cukup terjangkau yakni dibandrol dengan harga Rp 18 ribu.

Selain sate dan gulai, Warung BK Bali juga menyediakan menu lainnya. Seperti bakso babi, nasi goreng urutan, mie rebus gulai, dan iga bakar. “Menu ini adalah menu pelengkap. Namun beberapa menu juga menjadi favorit pelanggan, seperti iga babi dan mie rebus gulai,” ungkapnya.  

Sediakan Minuman dari Jamu hingga Kopi

MENIKMATI makanan belum lengkap rasanya jika tidak ada minuman. Nah untuk jenis minuman ini, Warung BK Bali juga menyediakan beberapa minuman khas Warung BK. Salah satunya adalah jamu.

Jamu yang disajikan ada tiga, yakni jamu kunyit asam, jamu sirih kunyit dan jamu beras kencur. “Jamu ini saya sediakan, selain diminati pelanggan, jenis minuman ini juga sangat jarang tersedia di pasar dalam bentuk minuman segar,” jelasnya.

Sama halnya dengan jenis makanan yang disajikan, jenis jamu yang diproduksi setiap hari menggunakan bahan baku segar, tanpa pemanis dan pewarna kimia. Sehingga pelanggan yang menikmati minuman ini bisa menikmati hasil maksimal dari minuman herbal tersebut.

Bagi penggemar kopi, Warung BK Bali juga menyajikan jenis minuman ini. Olahan kopi yang disajikan juga beragam, Mulai dari coffee latte hingga kopi seduh manual. “Untuk kopinya, kami menggunakan kopi Bali asli,” tambahnya.

Selain menu yang beragam dengan citarasa yang khas, Warung BK Bali ini juga didukung dengan tempat yang nyaman. Dengan konsep rumahan dan free wifi, tempatnya itu diakui Kodrat bisa menjadi salah satu tempat untuk bersantai dan menikmati makan bagi warga Kota Denpasar.

Warung ini buka dari pukul 10.00 sampai pukul 22 .00, sejak Senin hingga Sabtu. “Untuk hari Minggu kami bukan dari pukul 10.00 sampai pukul 16.00. Biasanya hari Minggu pelanggan kami sebagian besar berasal dari kalangan komunitas,” tutupnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia