Rabu, 20 Feb 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Forum Perbekel Provinsi Ingatkan Perbekel Netral dalam Pemilu

26 Januari 2019, 09: 07: 42 WIB | editor : I Putu Suyatra

Forum Perbekel Provinsi Ingatkan Perbekel Netral dalam Pemilu

I Gede Pawana (I MADE MERTAWAN/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, AMLAPURA - Ketua Forum Perbekel Provinsi Bali, I Gede Pawana menyikapi oknum perbekel yang diduga terlibat kampanye calon legislatif (caleg) yang berujung berurusan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).  Bahkan ada sampai dilaporkan ke polisi. Pihaknya mengingatkan, agar para perbekel menjaga netralitas, karena ada aturan yang melarang perbekel ikut kampanye pemilu maupun pilkada.

Seperti diketahui, ada dua perbekel yang berurusan dengan Bawaslu karena diduga tidak netral. Yakni salah satu perbekel di Kecamatan Kintamani, Bangli. Satu lagi  Perbekel Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Karangasem I Nengah Rumana. Rumana  sampai dilaporkan ke polisi karena diduga mengkampanyekan dua caleg. Saat ini Rumana masih berstatus saksi.
 “Kalau Pak Rumana, itu katanya keseleo lidah menyebut nama caleg. Jadinya seakan-akan mengkampanyekan,” ujar Pawana ditemui, Jumat (25/1) kemarin.

Apapun dalihnya, Rumana tetap diproses di kepolisian. Dengan demikian, ia mengimbau para perbekel lebih berhati-hati di tahun politik. Ia menyadari posisi perbekel terbilang sulit. Perbekel dipilih oleh masyarakat dalam lingkup desa. Mereka harus dekat dengan masyarakat. Sama halnya dengan caleg.  
Perbekel juga mempunyai hak pilih, namun tidak boleh mengampanyekan caleg. “Pintar-pintar lah di masyarakat. Harapan saya teman-teman perbekel mencermati aturan yang sudah menjadi keputusan,” terang Perbekel Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem itu.

 Lebih lanjut ia menerangkan, dalam hajatan politik banyak pihak memanfaatkan kesempatan. Tak terkecuali mereka yang memang tidak suka dengan perbekel secara pribadi. Jadi kehatian-hati tetap diutamakan, baik dalam berbicara maupun perbuatan terutama yang bersinggungan dengan caleg.
 “Intinya harus tetap berhati-hati. Saya harap tidak ada lagi perbekel berurusan dengan Bawaslu karena diduga tidak netral,” tandasnya.

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia