Rabu, 20 Feb 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Transformer Bangli Gotong Royong Atasi Sampah Plastik

03 Februari 2019, 19: 52: 57 WIB | editor : I Putu Suyatra

Transformer Bangli Gotong Royong Atasi Sampah Plastik

GOTONG ROYONG: Komunitas Transformer Bangli bersama komponen masyarakat di Tembuku, Bangli gotong royong mengangkut sampah plastik di Sungai Jinah, Desa Bangbang, Tembuku, Bangli, Minggu pagi (3/1). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, BANGLI - Sampah plastik sudah menjadi persoalan serius bagi masyarakat. Sampah plastik menimbulkan banyak kerugian, utamanya pencemaran lingkungan. Itu karena sampah plastik tak bisa terurai. 

Melihat bahayanya, komponen masyarakat di Desa Bangbang, Tembuku, Bangli, bergerak memerangi sampah plastik dengan menggelar aksi bersih-bersih kali di Sungai Jinah, Minggu pagi (3/2). Sebanyak 700 orang ikut di dalam aksi itu.

Kegiatan tersebut digagas oleh Komunitas Transformer Bangli. Didukung juga oleh Dinas Tata Kota dan Lingkungan Hidup, Camat Tembuku, dan masyarakat lainnya. Rencananya aksi bersih-bersih ini akan dilakukan tiga atau enam bulan sekali.

Perwakilan Komunitas Transformer, Ketut Liang Artawan mengatakan aksi Gotong Royong Peduli Sampah Plastik merupakan bagian dari upaya pengurangan timbunan plastik di berbagai titik. Tujuannya jelas agar lingkungan tidak tercemar.

"Adapun aksi yang dilakukan menyasar sampah plastik di Tukad Jinah, perbatasan Desa Bangbang dan Wilayah Karangasem. Kami mengerahkan empat truk pengangkut sampah Dinas Tata kota Kaupaten Bangli," kata Artawan.

Demi mengantisipasi adanya prilaku buang sampah sembarangan, lanjutnya, pemasangan tanda peringatan larangan membuang sampah di sungai sangat penting.

"Hal yang paling penting bagi (komunitas) Tansformers adalah melakukan perubahan. Dimulai dari transformasi diri. Transformers harus bisa mengubah dirinya terlebih dahulu dari pribadi yang tidak peduli menjadi pribadi yang peduli. Bisa mentranformasi keluarga dari keluarga yang acuh menjadi keluarga yang peduli lingkungan," tegasnya Artawan.

"Karena Transformers berada di daerah pegunungan, di daerah hulunya sungai, maka Transformer akan berkomitmen untuk membersihkan sungai. Sungai yang menjadi hulunya sampah yang mengalir ke lautan," imbuhnya. 

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia