Jumat, 22 Mar 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Primadona Balinese Food di Pesisi Restoran Sanur

09 Maret 2019, 20: 00: 00 WIB | editor : I Putu Suyatra

Primadona Balinese Food di Pesisi Restoran Sanur

BALI: Walaupun disajikan dengan sangat mewah, namun mengedepankan menu ala Bali. bahkan dipastikan Balinese Food menjadi primadona. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, DENPASAR - Meakipun ragam jenis menu makanan tersedia di Bali, namun menu masakan Bali masih tetap menjadi menu andalan bagi industri kuliner di Bali. Baik itu rumah makan biasa, hingga restoran yang berlokasi di resort mewah. 

Seperti halnya di Pesisi Restoran Sanur yang berlokasi di jalan Tirta Ening nomor 12, Sanur, menu masakan Bali menjadi menu utama di restoran ini. 

Executive Chef Pesisi Restoran, Made Semara Wimba mengatakan menu masakan Bali menjadi menu utama di restoran bukan tanpa alasan. Bahkan memang menjadi primadona. "Tapi menu Balinese food menjadi menu utama di restoran ini karena ingin memberikan pengalaman rasa yang baru kepada wisatawn yang datang ke Bali," jelasnya.

Salah satu jenis menu masakan ala Bali yang disajikan di Pesisi Restoran adalah Bebek Timbungan. Meskipun saat ini menu bebek Timbungan sudah bisa di dapat di beberapa restoran lain, namun Semara mengakui jenis menu ini masih tetap menjadi primadona bagi Pesisi Restoran.

Selain karena proses memasak yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama, yang menjadikan menu ini istimewa adalah status menu ini pada masa lampau. "Diman pad mas kerajaan menu ini merupakan jenis menu yang hanya boleh dihidangkan untuk para raja saja," terangnya.

Meskipun saat ini menu bebek Timbungan tidak lagi disajikan untuk para Raja dan keluarganya, namun proses pembuatan dn bahan yang digunakan diakui Semara masih dilakukan dengan cara tradisional dengan menggunakan bahan baku terbaik.

Sehingga menu bebek Timbungan di Pesisi Restoran, memiliki citarasa yang enak. Dengan rasa gurih yang berasal dari penggunaan bumbu khas Bali (base genep). Untuk daging bebeknya  pun, dikatakan Semara menggunakan bebek pilihan, yakni bebek lokal yang sengaja dilepasliarkan.

Untuk proses memasaknya, Semar mengatakan menu bebek Timbungan ini masih dimasak dengan cara tradisional, yakni dengan memasukan adonan bebek ke dalam buluh bambu kemudian dimask dengan menggunakan kayu api. "Proses memasaknya memang cukup lama, sehingga daging bebeknya tidak amis dan alot ketika disantap," paparnya.

Selain bebek timbungan, Pesisi Restoran juga memiliki jenis menu masakan khas Bali lainnya, yakni Nasi Campur Bali. Khusus untuk nasi campur ini, Semara mengatakan wisatawan bis memilih jenis nasinya. 

Pesisi Restoran memiliki tiga jenis pilihan nasi, yakni nasi outih, nasi sela dn nasi hitam. "Nasi hitamnya kmi gunakan beras hitam, bukan ketan hitam, untuk lauknya terdiri dari berbagai macam masakan Bali, seperti sayur urap, tum ayam, sate lilit kacang saur dan sambel mbe," urainya.

Selain smbel mbe, dalam.porsi naai campur ini, wisatawn juga bis amenikmati sambel pangi atau kluwek. Smbel kluwek ini menjadi speaial, karena saat ini kluwek menjadi salah satu bahan makanan incaran wisatawan asing yang datang ke Bali.

Selain makanan berat, balinese food juga diterapkan dalam beragam.jenis snack dan dessert yang disajikan di restoran ini. Untuk snack dn dessertnya, restoran ini memilih jajan Bali sebagai jenis snack yng disajikan untuk wisatawan.

Jajan Bali yang disajikanpun beragam, mulai dari pisang goreng, Lalak, jajan wajik, bubuk ketan hitam hingga bubur sumsum. Restoran ini juga menyediakan rujak buah bagi wisatawa yang ingin menikmati buah dengan cara yang berbeda. 

Selain makann yang enak dengan kualitas bahan baku yang bagus, Pesisi Restoran juga memiliki suasana restoran yang nyaman sehingga bis memberikan ketenngan kepada wisatawn yang memilih Pesisi Restoran sebagai tempatnya bersantap.

Meskipun nerlokasi di kawasn pesisir Kota Denpasar, tapi restoran ini menawarkan tempat yang nyaman dn teduh. Karena restorn dengan konsep semi outdoor ini memiliki areal taman dengan beragam jenis taman tropis. "Sehingga wisatawn bis merasakan nuansa tropis yang teduh, ketika berada di restoran kmi," tambahnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia