Jumat, 22 Mar 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Distan Buleleng Gelar Vaksinasi Massal

14 Maret 2019, 23: 02: 37 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Distan Buleleng Gelar Vaksinasi Massal

ELIMINASI – Mengurangi risiko rabies, petugas melakukan eliminasi sejumlah anjing liar. (I PUTU MARDIKA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, SINGARAJA - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng memulai pencanangan vaksinasi massal, Jumat (15/3). Proses vaksinasi akan menyasar zona merah rabies khususnya di wilayah Kecamatan Banjar. Rencananya, pencanangan vaksinasi masal akan dilaksanakan hingga April.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Made Sumiarta, mengatakan, vaksinasi akan difokuskan di Kecamatan Banjar karena kasus rabies tahun ini merebak di wilayah tersebut.

Sumiarta berharap masyarakat kooperatif membawa anjing peliharaannya untuk divaksin. “Kami mengimbau  agar masyarakat membawa anjingnya untuk divaksin. Setelah itu harus diikat sehingga kasus suspek rabies bisa ditekan,” ujar Sumuarta, Kamis (15/3) siang.

Dalam gebyar vaksinasi missal ini, pihak Distan, sebut Sumiarta, sudah menyiapkan 210 ribu vaksin, sedangkan populasi anjing di Buleleng mencapai 107.033 ekor. Estimasinya, Distan menarget agar vaksinasi bisa dilakukan terhadap 70 persen dari total populasi atau mencapai 74.923 ekor.

Disinggung desa yang berstatus zona merah, pihaknya menyebut, ada enam desa yang  tersebar di dua kecamatan yakni Seririt dan Banjar. Di kecamatan Banjar sebanyak tiga desa seperti Desa Cempaga, Desa Banyuseri dan Desa Banjar, sedangkan tiga desa di Kecamatan Seririt seperti Desa Unggahan, Munduk Bestala dan Desa Kalianget.

“Silahkan datang ke masing-masing Puskeswan yang ada di setiap Kecamatan untuk vaksinasi. Vaksinasi ini gratis alias tidak dipungut biaya. Mohon masyarakat lebih pro aktif” tutupnya.

(bx/dik/aim/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia