Jumat, 22 Mar 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Shirodhara Spa Treatment Penyembuhan ala Ayurweda

15 Maret 2019, 16: 54: 57 WIB | editor : I Putu Suyatra

Shirodhara Spa Treatment Penyembuhan ala Ayurweda

SPA: Shirodhara Spa disebutkan memberikan penyembuhan dari rasa gelisah, takut bahkan depresi. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, SANUR - Spa di Bali saat ini bisa dikatakan sudah menjadi bagian dari fasilitas wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang Bali, bahkan di sector industry spa, Bali menjadi salah satu destinasi wisata Spa favorit setelah Thailand.

Salah satunya adalah Shirodhara Spa, jenis treatment spa yang berasal berasal dari India ini merupakan salah satu jenis metode penyembuhan dalam kitab Ayurweda. Treatment jenis ini lebih menekankan pada treatmen di wilayah kepala.

Arti kata Shirodhara itu sendiri yang secara harfiah berasal dari kata Shiro yang artinya kepala dan Dhara yang artinya aliran. Jadi shirodhara dapat diartikan sebagai teknik meminjat dengan menggunakan aliran air atau minyak di kepala.

Untuk jenis treatment ini di industry spa di Bali sudah sangat umum, tepat spa yang menyediakan jenis perawatan ini juga cukup banyak, salah satunya adalah Smita Spa yang berlokasi di jalan Kesuma Sari nomor 1 Sanur.

IGA Made Wulansari, Spa Manager Smita Spa ketika ditemui kemarin mengatakan jika Shirodhara Spa yang disediakan di Smita Spa ini adalah salah satu jenis treatment favorit, khususnya bagi wisatawan asing yang dating ke Smita Spa. “Untuk Shirodhara di tempat kami adalah salah satu jenis treatment favorit, khususnya bagi wisatawan Eropa yang menginap di Sanur,” jelasnya.

Shirodhara Spa yang disedikan di Smita Spa, menurut Wulan, bisa langsung memberikan dampak pada sistem saraf. Karena perawatan  ini memberikan efek langsung yakni mampu  menenangkan, rileks,  dan memiliki efek pembersihan pada pikiran dan saraf.

Selain itu, Shirodhara bisa membantu meringankan gejala kegelisahan, stres, dan kelelahan. Ini mengurangi ketegangan, kekhawatiran, rasa takut dan sakit kepala serta depresi. Hal ini dijelaskan Wulan sesuai dengan fungsi dari terapi ini yakni mengntensifkan otak dan menciptakan koherensi gelombang otak dan kondisi alfa. 

Ketika otak berada di bawah kondisi stres, sirkulasi serebral dikompromikan. Saat minyak dituangkan ke dahi, sistem saraf akan terhenti, helombang otak melambat dan menjadi koheren. Aliran oksigen mengalir bebas ke otak Setelah otak tenang, hal ini memungkinkan energi kehidupan dan aliran oksigen mengalir bebas dan meningkatkan fungsi otak, stabilitas mood dan meningkatkan kemampuan dalam penanganan stres.

Untuk prosesnya sendiri, Wulan menjelaskan Shirodhara yang dilakukan di Smita Spa ini dilakukan sesuai dengan pakem aslinya, dimana setelah dipijat pada bagian kepala pasien akan dituangkan minyak hangat yang sudah dicampur dengan rempah-rempah menggunakan cawan Shirodhara.

Proses menuangkan minyak ini juga dilakukan sesuai dengan pakem shirodhara dalam Ayurweda, yakni mulai di tuangkan dari kening tepat diantara kedua alis mata, selanjutnya aliran minyak hangat akan dibawa ke bagian belakang kepala, berlanjut hingga ke kepala bagian samping.

Ketika proses menuangkan minyak hanyat ini, bagian leher dan tangan si pasien akan dipijat lembut dengan menggunakan minyak kelapa murni. “Selama proses penuangan minyak hangat ini, akan terjadi relaksasi maksimal, sehingga setelah seluruh proses selesai dilakukan, si pasien akan langsung merasakan dampaknya, yakni efek relaksasi yang maksimal,” ungkapnya.

Untuk Shirodhara yang dilakukan di Smita spa ini dikatakan Wulan dikombinasikan dengan teknik Balinese Spa, sehingga selain mendapatkan efek relaksasi di kepala, efek relaksasi juga akan didapat di tubuh si pasien. Sehingga efek relaksasi yang didapatkan bias maksimal dan ada keseimbangan antara tubuh dan kepala si pasien. 

Selain Shirodhara Spa, Smita Spa Sanur juga menyediakan beragam jenis treatment spa yang mampu memanjakan para wisatawan yang berlibur ke Bali, khususnya yang sedang menginap di kawasan Sanur. Produk spa lainnya yang disediakan Smita Spa hamper sama dengan produk spa lainnya, mulai dari Body Scrub, Body Massage, Balinese Spa, Aromatherapy Body Massage, Hot Stone Spa dan lain sebagainya.

Untuk harga, Wulan mengatakan harga perawatan di Smita Spa ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. "Untuk Balinese Shirodhara dibanderol dengan harga Rp 400 ribu per 90 menit, sedangkan untuk Healty Package dibanderol dengan harga Rp 300 ribu per dua jam," tambahnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia