Rabu, 24 Apr 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Sebanyak 30 Ribu Surat Suara Rusak di Gianyar

17 Maret 2019, 19: 37: 03 WIB | editor : I Putu Suyatra

Sebanyak 30 Ribu Surat Suara Rusak di Gianyar

RUSAK : Plh Ketua KPU Gianyar, Wayan Mura memperlihatkan surat suara yang mengalami kerusakan, Minggu (17/3). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, GIANYAR - Tercatat sebanyak 10,14 persen surat suara calon legislatif DPRD Gianyar yang rusak. Jumlahnya tersebut sekitar 30 ribuan surat suara. Plh Ketua KPU Gianyar, I Wayan Mura menjelaskan Minggu (17/3)  ribuan surat itu masih disimpannya dalam dua sambari menunggu petunjuk dari Pusat. 

Dalam kesempatan itu, dia mengaku surat suara yang tergolong rusak kebanyakan terdapat belobor pada tintanya. "Terdapat bercak tinta di surat suara, selain itu ada juga yang buram," terang Mura. 

Dia menjelaskan meskipun hanya ada bercak kecil KPU Gianyar memilih menyisihkan surat suara yang dianggap rusak tersebut.  Selain itu Mura menerangkan pihaknya tidak mau hal itu dianggap dijadikan mencari-cari kesalahan oleh pihak tertentu. Sehingga KPU juga berinisiatif untuk menyimpan surat suara tersebut. 

"Kami sudah amankan ini, dan  sudah dilaporkan ke KPU pusat melalui KPU Provinsi," jelas Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Gianyar tersebut. 

Sedangkan  sampai saat ini dikatakan belum ada tanggapan dan petunjuk dari KPU pusat mengenai masalah tersebut.Ia juga mengaku masih menunggu pusat, lantaran semua pengadaan dari pusat. "Kami berharap cepat ada tindak lanjut dari pusat. Apakah surat yang kena bercak itu bisa dipakai atau bagaimana. Semoga sebelum jadwal pendistribusian surat suara sudah ada keputusan,"  imbuhnya. 

Sambil menunggu petunjuk mengenai surat suara yang rusak tersebut, KPU Gianyar terus melangsungkan pelipatan surat suara.  Sampai saat ini kegiatan yang ada di sana masih proses pelipatan suara, karena pada pemilu ini pemilih memperoleh lima surat suara. "Untuk surat suara lainnya belum kami temukan kerusakannya," imbuhnya.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia