Minggu, 21 Apr 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Langgar Aturan, Sejumlah APK Parpol di Tabanan Diberangus

21 Maret 2019, 19: 58: 49 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Langgar Aturan, Sejumlah APK Parpol di Tabanan Diberangus

DIBERANGUS : Tim Sapu Jagat Satpol PP bersama Bawaslu Tabanan memberangus sejumlah APK di Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Kamis (21/3). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN  - Tim Sapu Jagat Satpol PP bersama Bawaslu Tabanan, Kamis (21/3), memberangus ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) partai politik (parpol) yang tersebar di Kecamatan Tabanan dan Kediri. APK tersebut diturunkan karena melanggar aturan pemasangan serta melanggar ketentuan.

Saat penertiban, ada 402 buah APK yang diturunkan di dua kecamatan. Di Kecamatan Tabanan, petugas menertibkan enam buah baliho, bendera sebanyak 383 buah, dan 9 buah spanduk, sedangkan di Kecamatan Kediri, petugas menurunkan empat buah spanduk.

Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Tabanan, I Ketut Narta mengungkapkan, APK tersebut melanggar etika dan estetika karena dipasang di pohon menggunakan paku. "Sesuai SK KPU Tabanan, bendera boleh dipasang di kantor dan sekretariat parpol, di dalam tembok rumah," paparnya.

Dilanjutkannya, selain estetika pemasangan, ada juga baliho yang melanggar ketentuan, seperti baliho ucapan hari raya Nyepi berisi konten kampanye, sedangkan hari raya sudah lewat. “Semua APK yang melanggar zona, etika dan estetika diturunkan petugas,” lanjutnya.

Lebih lanjut, kata Narta, sebelum APK diberangus, sudah dilakukan koordinasi dengan masing-masing Parpol yang melanggar, tetapi tetap tidak diindahkan sehingga dilakukan penertiban. "Di samping itu, kami juga melakukan pengawasan pendataan sejak beberapa waktu belakangan ini," tandasnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Tabanan, I Wayan Sarba mengatakan, penertiban APK yang melanggar, dilakukan atas rekomendasi dari temuan pelanggaran Bawaslu Tabanan sehingga Satpol PP langsung menjadwalkan penertiban.

Ia menyebutkan, pihaknya menurunkan 35 orang personel gabungan dari Tim Sapu Jagat. Ratusan APK yang melanggar didominasi oleh bendera partai politik. "Atas rekomendasi Bawaslu, kami lakukan penertiban bersama Bawaslu dan KPU Tabanan, jumlahnya sampai ratusan,” pungkasnya.

(bx/ras/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia