Minggu, 21 Apr 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

Banyak Khasiat, Penebel Kembangkan Tanaman Serai

25 Maret 2019, 21: 13: 30 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Banyak Khasiat, Penebel Kembangkan Tanaman Serai

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Tabanan, Dewa Ketut Budidana Susila. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, TABANAN - Kecamatan Penebel, Tabanan, rencananya akan mengembangkan tanaman serai karena kandungan minyak serai  memiliki banyak khasiat.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, Dewa Ketut Budidana Susila menjelaskan, rencana pengembangan tanaman serai  merupakan usulan kecamatan yang datang dari hasil Musrencam Penebel, di mana anggaran yang digunakan adalah Dana Pagu Indikatif Kecamatan (PIK). "Karena kegiatannya pembibitan dan pengembangan, maka tupoksinya Dinas Pertanian," ujarnya, Senin (25/3).

Pihaknya telah menyusun DPA dengan anggaran Rp 150 juta lebih. Kegiatan diawali dengan pembibitan yang rencananya akan dilakukan di lahan seluas 1,5 hektar di Desa Babahan, Kecamatan Penebel. Bibit yang dibutuhkan sebanyak 16.000 batang yang akan disebar di 18 desa di Kecamatan Penebel. "Walaupun nanti akan dikembangkan, kami tetap harus membuat bibitnya dulu. Dari 16.000 bibit, kurang lebih dibutuhkan areal 1,5 hektar," paparnya.

Awalnya pembibitan akan dilakukan di Desa Buruan. Oleh karena perlu lahan yang cukup luas, maka pembibitan dilakukan di Desa Babahan. "Itu sudah sesuai kesepakatan forum perbekel se Kecamatan Penebel," imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Susila, pembibitan serai akan dimulai awal April 2019, dan baru akan diserahkan ke masing-masing desa setelah berumur 8 bulan. Menurutnya, tanaman serai memang memerlukan cukup banyak air sehingga pada musim hujan, tepat untuk mulai menanam serai. "Secara teknis memang perlu hujan, dan cukup gampang tumbuhnya, asalkan airnya cukup," lanjut Susila.

Soal hama, menurutnya, dalam pembibitan tidak begitu mengganggu karena umur 8 bulan sudah diserahkan ke 18 Desa. "Nanti serai ini akan dicari minyak atsirinya, yang banyak digunakan untuk industri,” tandasnya.

(bx/ras/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia