Senin, 22 Apr 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Hari Pertama Masa Tenang Pemilu, Ratusan APK Dibongkar

14 April 2019, 20: 58: 25 WIB | editor : Nyoman Suarna

Hari Pertama Masa Tenang Pemilu, Ratusan APK Dibongkar

BONGKAR: Aparat Gabungan Bawaslu Badung bersama Satpol PP dan Kepolisian membongkar Alat Peraga Kampanye (APK), Minggu (14/4). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Ratusan alat peraga kampanye (APK) dibongkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, Minggu (14/4). Penertiban tersebut atas rekomendasi  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat. Pasalnya, hingga hari pertama masa tenang, masih banyak APK yang tak diturunkan pemiliknya. Padahal, batas waktu pemasangan APK adalah Sabtu (13/4). 

Ketua Bawaslu Badung I Ketut Alit Astasoma mengatakan, pihaknya turun bersama aparat Satpol PP, kepolisian, dan lainnya. Hingga Minggu sore (14/4), ratusan APK diturunkan tim gabungan tersebut. “Kami sasar dan utamakan jalan-jalan protocol, sedangkan untuk yang di desa, kami tetap berkoordinasi dengan tim relawan dari masing-masing parpol,” ungkapnya.

Pejabat asal Desa Munggu, Kecamatan Mengwi ini melanjutkan, pihaknya akan terus turun selama masa tenang, guna memastikan 'Gumi Keris' benar-benar bebas APK. “Selama masa tenang, kami akan terus turun ke lapangan, untuk memastikan masa tenang betul-betul berjalan kondusif,” tegasnya.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Badung, IGN Bagus Cahya Sasmita menambahkan, pihaknya sudah menyurati parpol guna mengingatkan bata waktu pemasangan APK. "Kami senantiasa mengedepankan sisi pencegahan. Tiga hari lalu kami sudah bersurat ke parpol," ungkapnya.

Meski banyak APK yang diturunkan paksa, Cahya Sasmita juga mengatakan, sebagian parpol juga sudah menurukan APK sendiri, sebelum batas waktu yang ditentukan. "Banyak juga yang secara sadar menurunkan APK sendiri. Kesadaran ini meningkat dari sebelumnya," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari pihak Satpol PP Badung, total APK yang diturunkan berjumlah 279 buah. Paling banyak di Kecamatan Mengwi, yakni 64 APK. Abiansemal 53 APK, Kuta 42 APK, Kuta Selatan 41 APK, sedangkan Petang dan Kuta Utara sama-sama sebanyak 38 APK.

Senada dengan Bawaslu, Kepala Satpol PP Badung, IGAK Suryanegara  mengatakan, pihaknya juga terjun menertibkan APK, terutama yang terpasang di ruas jalan protokol. Pasalnya, Satpol PP juga bergerak berdasar peraturan daerah. "Kami bergerak serentak bersama tim di kecamatan," tandasnya.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia