Minggu, 28 Nov 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Banding Dikabulkan PT Denpasar, Dirut Prodin Bebas Tanpa Syarat

13 Oktober 2021, 19: 46: 58 WIB | editor : Nyoman Suarna

Banding Dikabulkan PT Denpasar, Dirut Prodin Bebas Tanpa Syarat

BEBAS : Pengacara John Winkel, I Wayan Gendo Suardana bersama timnya memperlihatkan putusan Pengadilan Tinggi Denpasar tentang pembebasan John tanpa syarat, Rabu (13/10). (istimewa)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Direktur Utama PT. Mitra Prodin, John Winkel yang sempat mendekam di Rumah Tahanan Kelas IIB Gianyar selama beberapa bulan akhirnya bebas tanpa syarat, Rabu (13/10). Kebebasan itu diperoleh setelah banding yang diajukan dikabulkan oleh Pengadilan Tinggi Denpasar. John Winkel sebelumnya divonis penjara 1 tahun 4 bulan oleh Pengadilan Negeri Gianyar. 

Pengacara John Winkel, I Wayan Gendo Suardana menjelaskan bahwa kasus ini bermula saat John Winkel selaku Direktur Utama PT. Mitra Prodin dituduh melakukan penggelapan uang perusahaan dalam jabatannya dari tahun 2016 sampai tahun 2020. Ia dilaporkan oleh Tony Rhodes selaku Komisaris dan Pemegang Saham di perusahaan tersebut. "Klien kami ini dituduh merugikan atau menggelapkan uang perusahaan sebesar Rp 3,2 Miliar," ujarnya.

Namun faktanya di lapangan, yang dilakukan oleh John Winkel adalah cashbon yang dikuatkan dengan pengakuan kasir serta akunting manajer perusahaan tersebut. Kemudian, untuk tuduhan lainnya yakni pembantu rumah tangga yang disebutkan gajinya menggunakan uang yang digelapkan dari perusahaan tersebut juga tak benar adanya. Sebab terbukti bahwa pembantu rumah tangga tersebut merupakan fasilitas yang didapat oleh John selalu Direktur Utama di perusahaan tersebut. "Maka dari itu tidak benar jika John melakukan penggelapan seperti yang dituduhkan," imbuhnya.

Baca juga: Awalnya Jajakan Onde-onde Keliling, Kini Raup Untung Belasan Juta

Ia menambahkan jika cashbon itu pun telah dikembalikan pada tanggal 30 Juli 2020 lalu. Namun justru di bulan Agustus 2020, kliennya itu dilaporkan je Polda Bali oleh Tony Rhodes ke Polda Bali.

Atas laporan tersebut, John Winkel pun akhirnya menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Gianyar karena lokasi perusahaan berada di Kabupaten Gianyar. Kemudian ia dijatuhi hukuman 1 tahun 4 bulan penjara pada tanggal 16 Agustus 2021. Hanya saja, Gendo melihat ada banyak kejanggalan selama proses persidangan. Akhirnya pihaknya pun mengajukan banding serta melaporkan hakim persidangan ke Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial. "Dan setelah kita ajukan banding ke Pengadilan Tinggi Denpasar kemarin John diputus bebas murni," tegasnya.

Dan atas putusan tersebut, Gendo bersama timnya langsung mendatangi  Pengadilan Negeri Gianyar untuk mengurus administrasi pengeluaran John dari Rutan Gianyar. Hanya saja pihaknya harus menunggu berjam-jam. "Semestinya kalau sudah diputuskan bebas tanpa syarat, tidak harus menunggu proses administrasi sampai selama ini. Semoga ini memang prosesnya yang lama, bukan karena ada hal lain," pungkasnya.

(bx/ras/man/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia