Selasa, 26 Oct 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Jaga Ketahanan Pangan, Badung Tebar Jutaan Benih Ikan

16 September 2021, 20: 25: 29 WIB | editor : Nyoman Suarna

Jaga Ketahanan Pangan, Badung Tebar Jutaan Benih Ikan

TEBAR BENIH: Kepala Dinas Perikanan I Nyoman Suardana saat melakukan Penebaran Benih Ikan Nila di Jaba Pura Mumbul Sari dan saluran irigasi Desa Angantaka, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Share this      

MANGUPURA,BALI EXPRESS- Pelestarian ikan air tawar terus digenjot oleh Dinas Perikanan Kabupaten Badung. Tak tanggung-tanggung ditargetkan sebanyak 2,1 juta ekor benih ikan dilepas liarkan. Selain untuk menjaga kelestarian hayati sungai penebaran benih ikan juga dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung I Nyoman Suardana mengajak masyarakat ikut aktif menjaga dan mengawasi, sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga.  “Saat ini kami sudah tebar ikan sebanyak 1.732.000 ekor. Kami menargetkan untuk tahun ini 2.100.000 ekor ikan ditebar," Suardana, saat dikonfirmasi Kamis (16/9).

Menurutnya, benih ikan air tawar ditebar pada Taman Beji yang ada di sejumlah pura, saluran irigasi subak, mina padi, dan  perairan umum. Masyarakat diminta tidak menggunakan alat tangkap ikan yang merusak kelestarian lingkungan dan ekosistem. Seperti, menggunakan racun, strum atau listrik yang akan merusak kelangsungan hidup ikan.

Baca juga: Gempar, Kantor Pengacara Dilempari Bom Molotov

Selain menjaga ekosistem sungai, Suardana mengatakan, program tebar benih ikan juga dalam rangka mendukung ketahanan pangan, baik yang bersifat ekonomi, kesehatan, pelestarian lingkungan, dan sosial. “Ekonomi artinya dengn memelihara ikan hasilnya dapat dipanen untuk dimakan sehari hari dan kalau ada lebih dapat dijual,” ujarnya.

Terkait, produksi benih ikan air tawar di kabupaten Badung hingga Tahun 2020 sebesar  635,10 ton. Seluruh proses pembibitan dilakukan di tiga Balai Benih Ikan (BBI) yang sudah dimiliki Badung. “Di Kelurahan Kapal seluas 60 are, Desa Petang seluas 20 are dan di Desa Baha seluas 3 hektar,” ungkapnya. 

Meski produksi benih ikan tidak terlalu banyak. Pihaknya mngaku, sudah cukup membantu untuk para kelompok budidaya ikan yang ada di Gumi Keris.  “Benih ikan air tawar jenis Nila dan Lele itu sudah ada yang didistribusikan kepada kelompok budidaya ikan di Badung,” paparnya. (esa)

(bx/wan/man/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia