Minggu, 28 Nov 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Berlagak Pinjam, Harik Gadaikan Motor Teman Buat Bayar Hutang

17 September 2021, 17: 17: 21 WIB | editor : Nyoman Suarna

Berlagak Pinjam, Harik Gadaikan Motor Teman Buat Bayar Hutang

TEGA: Harik tega gadaikan motor teman, tapi dapat ganjaran setimpal dengan ditangkap polisi. (istimewa)

Share this      

BADUNG, BALI EXPRESS - Sungguh tega perlakuan pria bernama Harik Purwanto, 33, kepada temannya. Petani itu berlagak meminjam motor teman bernama Santo, 37, namun malah digadaikan.

Kapolsek Abiansemal, Kompol Ruli Agus Susanto menerangkan, awalnya pelaku mendatangi kos temannya itu di Gang Giri Sari, Banjar Latusari, Abiansemal, Badung pada Selasa (8/6), pukul 08.00. Pria asli Bondowoso, Jawa Timur tersebut meminjam sepeda motor Honda Beat bernomor polisi AG 4945 VAW.

"Pelaku berdalih meminjam motor untuk menjemput istrinya di Terminal Mengwi," ujarnya saat dikonfirmasi Jumat (17/9). Dengan baik hati, Santo meminjamkan motornya kepada teman nakalnya itu. Tetapi, kebaikan korban hanya bertepuk sebelah tangan.

Baca juga: RS Tabanan Terapkan Zonasi dan Persingkat Layanan

Sebab Harik tak pernah kembali membawa motor tersebut. Bahkan, pelaku tak bisa dihubungi lagi karena nomor Hpnya sengaja dimatikan. Akibat kejadian itu, pria asli Lamongan, Jatim ini mengalami kerugian sebesar Rp 17 juta, lantas melaporkan ke SPKT Polsek Abiansemal pada Selasa (14/9).

Selanjutnya Team Opsnal Reskrim Polsek Abiansemal dengan sigap melakukan penyelidikan dan melacak keberadaan Harik. Hingga akhirnya, pelaku berhasil diamankan kurang dari 24 jam setelah laporan, di daerah Tegal Badeng, Negara, Jembrana. "Hasil interogasi, pelaku mengakui menggelapkan motor temannya, lalu digadaikan," tambahnya.

Sepeda motor digadaikan kepada orang bernama Holis di daerah Lumajang, Jatim seharga Rp 5,5 juta. Untungnya, motor tersebut berhasil disita sebagai barang bukti oleh polisi saat melakukan pengembangan ke daerah itu. Ternyata, Harik nekat dan tega melakukan ini untuk membayar hutang yang sudah melilit. Perbuatannya terancam dikenakan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan. (ges)

(bx/ras/man/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia