Selasa, 26 Oct 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Hari Pertama Buka, DTW Pura Taman Ayun Masih Sepi

18 September 2021, 16: 02: 58 WIB | editor : Nyoman Suarna

Hari Pertama Buka, DTW Pura Taman Ayun Masih Sepi

SEPI: Kondisi DTW Kawasan Luar Pura Taman Ayun yang masih sepi pengunjung, Jumat (17/9). (Putu Resa Kertawedangga/Bali Express)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Daya Tarik Wisata (DTW) Kawasan Luar Pura Taman Ayun kini telah memasang Quick Respon Code (QR Code) PeduliLindungi sebagai syarat menerima kunjungan wisatawan. Kendati demikian, di hari pertama buka belum terlihat adanya aktivitas wisatawan.

Manager DTW Taman Ayun I Made Suandi membenarkan obyek wisata yang ia kelola telah dibuka. Dibukanya obyek wisata yang dikelilingi kolam tersebut lantaran sudah memiliki QR Code aplikasi PeduliLindungi. “DTW Taman Ayun sudah lengkap dengan alat aplikasi Peduli Lingkungi, dan sudah saya pasang di pintu masuk untuk check in dan check out pengunjung,” ujar Suandi saat dikonfirmasi Jumat (17/9).

Menurutnya, pemasangan QR Code tersebut sudah mendapatkan persetujuan Tim Monitoring dan Evaluasi Dinas Pariwisata Badung. Pemasangan pun sudah dilakukan sejak Rabu (16/9). Pihaknya mengaku telah memberikan pelatihan kepada karyawan agar nantinya dapat disampaikan kepada pengunjung. “Pemasangannya dari kami sendiri, tapi sudah mendapat persetujuan dari Tim Monev Disparda, kira-kira pukul 10.00 kemarin sudah dipasang,” ungkapnya.

Baca juga: Iuran KORPRI Terkumpul 1 M, Pemkab Gianyar Bagikan Bantuan Sembako

Dengan sudah memiliki QR Code PeduliLindungi, maka seluruh persyaratan protokol kesehatan (prokes) yang dimiliki sudah lengkap. Bahkan saat ini DTW Taman Ayun telah resmi dibuka. Kendati demikian, Suandi mengatakan, sampai pukul 12.00 belum ada wisatawan yang berkunjung. Padahal obyek wisata tersebut dikenal sebagai warisan budaya dunia. “Kemungkinan wisatawan belum tahu kalau sudah dibuka. Jadinya tadi kami hanya mencoba mengaplikasikan QR Code itu kepada karyawan, karena belum ada pengunjung,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Badung Cokorda Raka Darmawan membenarkan DTW Kawasan Luar Pura Taman Ayun Sudah dilengkapi dengan aplikasi PeduliLindungi. Pihaknya juga telah menurunkan tim untuk memberikan pelatihan terkait penggunaan aplikasi tersebut.

Pria yang juga menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum ini mengaku, dengan lengkapnya seluruh persyaratan prokes, pihaknya langsung menginformasikan kepada seluruh masyarakat. Tujuannya untuk menarik wisatawan berkunjung. “Saat ini semua DTW yang ada di Badung sudah terpasang aplikasi PeduliLindungi. Kami juga promosikan melalui portal dan media online kami,” paparnya. (esa)

(bx/man/man/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia