Minggu, 28 Nov 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Kurangi Over Kapasitas, Enam Napi Rutan Negara Dipindah

18 Oktober 2021, 20: 21: 37 WIB | editor : I Putu Suyatra

Kurangi Over Kapasitas, Enam Napi Rutan Negara Dipindah

DIPINDAH: Enam napi dipindah dari Rutan Negara ke Karangasem (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Sebanyak enam orang narapidana (Napi), Senin, (18/10) sekitar pukul 05.00 wita dipindah dari Lapas Negara. Adapun rinciannya lima orang dipindah ke Lapas Kelas IIB Karangasem dan 1 orang ke LPKA Kelas II Karangasem.

Kepala Wilayah Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk dalam keterangan pers tertulisnya mengatakan pemindahan 6 orang narapidana ini didasarkan atas surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor :  PAS-1152.PK.01.01.02 TAHUN 2020 tentang Rencana Aksi Tata Kelola Sistem Pemasyarakatn Optimalisasi Penempatan Narapidana di Rutan dari 24 bulan menjdi 12 bulan.  “Dalam SE poin 3 disebutkan melaksanakan pemindahan narapidana yang berada di Rutan dengan masa sisa pidana lebih dari 12 bulan ke lapas sekitar secara bertahap,” beber Jamaruli Manihuruk.

Dijelaskan Jamaruli Manihuruk, pemindahan napi tersebut dilakukan dengan pengawalan ketat lima orang petugas/anggota jaga Rutan Kelas IIB Negara dan dua orang anggota Polres Jembrana. Ke enam napi tersebut dipindahkan sesuai  standar operasional prosedur (SOP) pengawalan. “Sebelum dipindah, petugas menggeledah badan napi,” ujar Jamaruli Manihuruk.

Baca juga: Diseret Anak Terpeleset, Pendaki Puncak Mangu Dislokasi Lutut

Untuk diketahui kapasitas Rutan Negara adalah sejumlah 71 orang diisi 124 orang dengan tingkat over kapasitas mencapai 75%.  Rata-rata napi yang dipindahkan menjalani hukuman 2 tahun ke atas dengan tindak pidana umum seperti pencurian dan perlindungan anak. Adapun napi yang dipindahkan ke LPKA adalah kasus perlindungan anak dengan pidana selama 5 tahun. 

(bx/har/yes/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia