Rabu, 01 Dec 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Mensos Risma Angkut Logistik, Beri Santunan Korban Gempa di Ban

18 Oktober 2021, 16: 09: 46 WIB | editor : I Putu Suyatra

Mensos Risma Angkut Logistik, Beri Santunan Korban Gempa di Ban

ANGKUT LOGISTIK: Mensos Tri Rismaharini ikut mengangkut logistik untuk korban gempa di Ban, Karangasem, Senin (18/10). (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Dampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 pada Sabtu (16/10) lalu sangat keras dirasakan warga Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem. Akibat gempa itu, satu warga di desa tersebut meninggal, sementara puluhan orang luka-luka dan beberapa unit rumah rusak.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini pun mengunjungi Desa Ban, Senin (18/10) setelah beberapa saat sebelumnya mengunjungi korban gempa di Kabupaten Bangli. Mantan Walikota Surabaya itu ingin memastikan penyaluran bantuan dari Kemensos berjalan lancar sekaligus ingin melihat kondisi warga yang terdampak bencana.

Risma beserta jajarannya menyempatkan diri bertegur sapa dengan warga di Banjar Temakung, Desa Ban. Salah satu dusun yang letaknya berada di ketinggian. Di sana, Menteri Risma menyerahkan beberapa bantuan secara simboli kepada warga.

Baca juga: Biaya Perawatan Korban Gempa Ditanggung Pemerintah

Saat penyaluran bantuan itu, Risma juga turun langsung dalam penyaluran logistik bersama aparat pemerintah Karangasem, hingga relawan. Bantuan yang diserahkan ke warga itu saat ini memang dibutuhkan warga setempat.

Bantuan itu di antaranya 120 paket makanan anak, puluhan matras, tenda gulung, kasur, selimut, hingga peralatan dapur. "Kami membantu korban gempa ini. Kami sudah berikan fasilitas khusus ke warga, terutama untuk kebutuhan anak," ujar Risma.

Risma mengakui, bencana gempa ini tidak hanya menyisakan persoalan kerugian materil, namun terkait dengan psikis para korban gempa ini perlu diperhatikan. Selain itu penanganan paska bencana berupa perbaikan rumah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Dalam penanganan bencana gempa ini, Kemensos juga memberikan santunan bagi ahli waris korban gempa bagi dua kabupaten di Bali. Untuk korban meninggal di Desa Ban, Karangasem mendapat santunan sebesar Rp 15 juta. Bantuan ini diberikan untuk satu ahli waris korban meninggal, yakni anak usia 3 tahun.

Sementara itu, untuk korban luka berat diberikan santunan sebesar Rp 15 juta kepada tiga orang. Masing-masing sebesar Rp 5 juta. Sedangkan untuk korban luka ringan diberikan kepada tiga orang sebesar Rp 6 juta dengan masing-masing mendapat Rp 2 juta per orang.

(bx/aka/yes/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia