Minggu, 28 Nov 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Tidak Ada Penangkaran, Telur Penyu di Pantai Lepang Hilang

19 Juli 2021, 12: 37: 24 WIB | editor : Nyoman Suarna

Tidak Ada Penangkaran, Telur Penyu di Pantai Lepang Hilang

TINGGAL LUBANG: Telur penyu yang ditemukan di Pantai Lepang diduga dicuri. Maling menggali tempat telur yang dibuatkan masyarakat sekitar. (Istimewa)

Share this      

KLUNGKUNG, BALI EXPRESS- Pantai Lepang, Desa Adat Lepang, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung sering menjadi tempat penyu bertelur. Namun kebanyakan gagal menetas. Padahal masyarakat sekitar sangat peduli dengan keberadaan penyu.

Ketua Sekaa Teruna (ST) Setia Bakti Desa Adat Lepang I Wayan Eka Yuda mengatakan beberapa kali menemukan telur penyu di sepanjang Pantai Lepang. Terakhir menemukan enam butir, Minggu (18/7) pagi. Seperti biasa, telur itu dibuatkan tempat seadanya, karena memang tidak ada penangkaran khusus di sana. Sayangnya, saat akan dibuatkan tempat yang lebih bagus keesokan harinya, keenam butir telur itu telah hilang. Diduga kuat diambil orang. “Sepertinya diambil orang, bukan binatang karena galiannya rapi,” ujar Yuda, Senin (19/7).

Yuda menegaskan, bukan kali ini saja masyarakat peduli penyu di Pantai Lepang gagal mengamankan telur penyu hingga menetas. Sebelum-sebelumnya juga sama. Penyebabnya beragam. Bisa diambil orang, dimangsa binatang, termasuk ancaman disapu gelombang pasang. Sebab, mereka tidak bisa memantau setiap saat. Berbeda ketika ada penangkaran, baru akan lebih aman. “Kalau sekarang ada telur penyu, kami susah mengamankan, terkecuali pemerintah membuatkan penangkaran,” tegas dia.

Baca juga: Bulog Bali Mulai Salurkan Tambahan Bantuan Beras 10 Kilogram

Penangkaran, sebut dia, sebenarnya pernah ada di pantai tersebut. Tetapi setelah rusak disapu abrasi, tidak pernah terdengar lagi ada kabar pemerintah berencana membuatkan penangkaran. Padahal itu penting untuk melestarikan penyu yang terancam punah.

(bx/wan/man/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia