Minggu, 28 Nov 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Dibuka Kembali, DTW Tirta Empul Mulai Dikunjungi Wisatawan

19 September 2021, 19: 27: 09 WIB | editor : Nyoman Suarna

Dibuka Kembali, DTW Tirta Empul Mulai Dikunjungi Wisatawan

MULAI DIKUNJUNGI : Wisatawan di DTW Tirta Empul Tampaksiring, Minggu (19/9). (istimewa)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS  - Objek wisata spiritual Pura Tirta Empul di Desa Manukaya Let, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar mulai dikunjungi wisatawan setelah diperbolehkan untuk buka pasca turunnya status PPKM Bali dari level 4 ke level 3. 

Dari pantauan di lapangan Minggu (19/8), sejumlah persiapan nampak dilakukan oleh pihak pengelola untuk menerima kunjungan kembali, mulai dari membersihkan lumut hingga melengkapi fasilitas penunjang protokol kesehatan (prokes) untuk wisatawan. Beberapa orang wisatawan lokal pun nampak mulai berkunjung. Sebagian besar untuk melukat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gede Putrawan, menyampaikan bahwa terkait objek wisata dapat dibuka dengan memenuhi sejumlah persyaratan. Dimana persyaratan uji coba pariwisata mengacu pada SE Gubernur No 15 Tahun 2021 tentang Tatanan Kehidupan Era Baru. "Tentunya uji coba pariwisata dan tempat umum lainnya dilaksanakan dengan prokes ketat," tegasnya.

Baca juga: Menteri PPPA Dukung PEKKA di Buleleng

Ditambahkannya jika ada tiga hal penting dalam uji coba pariwisata tersebut, diantaranya melaksanakan prokes yang ketat, kapasitas maksimal 50 persen dari situasi normal dan memiliki aplikasi PeduliLindungi dari Kemenkes. "Tidak hanya obyeknya saja yang memiliki aplikasi PeduliLindungi, tapi pengunjung juga wajib melakukan scan barcode menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat masuk obyek wisata," bebernya.

Sedangkan untuk salah satu objek wisata yang dikelola Pemkab Gianyar seperti halnya Pura Tirta Empul, kata dia saat ini masih berproses untuk mempersiapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Sebab untuk masuk aplikasi PeduliLindungi tersebut memang memerlukan waktu dan persiapan. "Untuk Tirta Empul dan DTW lain sudah masuk aplikasi dan tinggal launching, sehingga wisatawan yakin, DTW tersebut sudah memiliki fasilitas prokes dan SDM yang melaksanakan prokes dengan ketat," 

Bahkan pihaknya juga telah melakukan pemantauan ke sejumlah DTW yang ada di Gianyar untuk memastikan DTW dan hotel dan restoran menggunakan aplikasi PeduliLindungi. "Dengan demikian setiap DTW bisa melakukan aktifitas pariwisata dengan aman dan nyaman," tandas Putrawan.

(bx/ras/man/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia