Selasa, 26 Oct 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

25 Jenazah Terlantar di Kremasi RSUP Sanglah

23 September 2021, 18: 08: 53 WIB | editor : Nyoman Suarna

25 Jenazah Terlantar di Kremasi RSUP Sanglah

KREMASI : Proses kremasi 25 jenazah yang selama ini dititipkan di RSUP Sanglah, Kamis (23/9). (Gek Yuni/Bali Express)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS- Sebanyak 25 jenazah terlantar yang selama ini dititipkan di Instalansi Forensik RSUP Sanglah, Kamis (23/9) dikremasi di Krematorium Taman Mumbul-Nusa Dua.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSUP Sanglah Denpasar Ni Luh Dharma Kerti Natih menyebutkan seluruh jenazah di kremasi dengan menggunakan upacara pengabenan sesuai dengan kepercayaan Agama Hindu. "Kremasi ini merupakan acara tahunan, untuk tahun ada 25 jenazah yang dikremasi," jelasnya.

Dari 25 Jenazah tersebut dijelaskan dr. Natih, terdiri dari jenazah utuh (tanpa identitas), orok dan potongan kaki manusia. Selain itu dari 25 jenazah ini, menurut dr. Natih tidak semuanya berstatus jenazah terlantar.

Baca juga: Bocah Main Korek Saat Bapak Tuangkan Bensin, 4 Warung Ludes dan 3 Luka

Karena ada jenazah yang memang sudah diserahkan penanganannya kepada pihak RSUP Sanglah. "Jenazah ini tidak saja berasal dari pasien RSUP Sanglah, tapi juga berasal dari titipan kepolisian, tutipan Dinas Sosial hingga Panti Jompo yang ada di Bali, mereka sudah menyerahkan penangannya kepada kami, sehingga jenazah bis kami kremasi," lanjutnya.

Jenazah yang dititipkan sejak tahun 2019 menurut de. Natih mwnjadi jenazah tertua yang dikremasi saat ini. Adapun jenazah tersebut adalah pasien di RSUP Sanglah. Dr. Natih merinci, biaya perawatan dari masih berstatus pasien hingga pemulasaraan jenazah mencapai Rp 2,6 Miliar.

Jumlah jenazah yang telantar ini menurun dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, yang bisa mencapai lebih dari 30 jenazah. Karena sebwlumnya pihak RSUP Sanglah belum melakukan keejasama dengan beebagai komunitas untuk membantu proses kremasi jenazah terlantar.

(bx/gek/man/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia