Minggu, 28 Nov 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Antisipasi Klaster PTM, Guru Harus Beri Contoh dan Sigap

23 September 2021, 20: 54: 37 WIB | editor : Nyoman Suarna

Antisipasi Klaster PTM, Guru Harus Beri Contoh dan Sigap

VERIFIKASI: Satgas Covid-19 Klungkung melakukan verifikasi di SDN 3 Semarapura Kelod, Klungkung, Kamis (23/9). (Istimewa)

Share this      

SEMARAPURA, BALI EXPRESS- Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung mulai melakukan verifikasi protokol kesehatan (prokes) ke sejumlah sekolah di tiga kecamatan (Klungkung, Dawan dan Banjarangkan), Kamis (23/9). Verifikasi terkait rencana pembelajaran tatap muka (PTM) siswa yang dimulai Senin (27/9) mendatang.

Verifikasi dipimpin Koordinator Bidang Pengawasan Disiplin dan Hukum I Putu Suarta. Hasilnya, sekolah yang didatangi sudah lengkap dengan sarana prokes. Seperti toilet dalam keadaan bersih, tempat cuci tangan dengan air mengalir, hand sanitizer dan lainnya. “Sekarang tinggal penerapannya saja,” ujar Suarta.

Jangan sampai, kata dia, sarana sudah lengkap tetapi tidak digunakan dengan baik dan benar. Guru maupun pegawai di sekolah harus memberikan contoh penerapan prokes. Apalagi untuk siswa PAUD dan SD yang memang sangat perlu dibimbing. “Berikan contoh yang baik, misalnya pemakaian masker. Jangan memberikan contoh masker dibuka, masker melorot dibiarkan,” jelasnya.

Baca juga: Jalur Transmisi dan Distribusi Jadi Prioritas Kontrol Gangguan

Apabila ada siswa yang tidak mengikuti prokes, guru harus sigap menegur, serta mengarahkan yang benar. Hal itu penting supaya PTM tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19. Selain itu, Suarta juga berharap masing-masing sekolah menyiapkan masker untuk menghindari masker siswa jatuh, dan lainnya. “Bisa saja saat di sekolah maskernya jatuh, talinya putus. Apalagi anak TK, SD. Makanya kami harap sekolah menyiapkan masker,” terang Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran ini.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Klungkung melaksanakan PTM mulai Senin (27/9). Sebelum ada keputusan PTM, pihak sekolah sudah menyiapkan prokes jauh sebelumnya. Sehingga Dinas Pendidikan Klungkung memastikan, sekolah khususnya PAUD, TK dan SD siap melaksanakan PTM. Sedangkan SMA dan SMK kewenangan Pemprov Bali.

(bx/wan/man/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia