Minggu, 24 Oct 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Munas Kadin ke-VIII Digelar di Bali

24 Mei 2021, 19: 32: 21 WIB | editor : Nyoman Suarna

Munas Kadin ke-VIII Digelar di Bali

MUNAS KADIN: Kawasan The Nusa Dua, Badung, Bali yang akan dijadikan tempat sebagai terselenggaranya Kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) ke-VIII. (istimewa)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS – Kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) ke-VIII akan diselenggarakan di Bali pada 2 hingga 4 Juni 2021 mendatang. Rencananya perhelatan tersebut akan diadakan di kawasan The Nusa Dua dan memilih venue The Westin Resort Nusa Dua, Badung, Bali dengan agenda utama yakni pemilihan Ketua Umum Kadin untuk periode 2021-2026. Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo pun direncanakan akan hadir dalam pembukaan Munas Kadin ke-VIII ini.

Menyusul rencana kegiatan itu, Ketua PHRI Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya, mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan Munas Kadin ke-VIII tersebut. Dirinya menilai, dengan terselenggarakannya kegiatan itu di Bali, dapat memberikan peningkatan okupansi hotel.

"Terselenggarakannya kegiatan itu dapat membantu peningkatan okupansi hotel-hotel khususnya hotel di kawasan The Nusa Dua. Mengingat di kawasan ini mempunyai convention center dengan kapasitas besar yakni ada BNDCC dan BICC, serta banyak hotel-hotel dalam kawasan dapat memudahkan seluruh peserta Munas konsolidasi dengan mudah,” ujar Agung saat dihubungi Senin (24/5). 

Baca juga: Hilang Kendali dan OC, Pemotor Meninggal Dunia

Selain itu, secara otomatis kegiatan Munas Kadin ke-VIII akan dapat memberikan dampak yang cukup baik terhadap perekonomian dan pariwisata Bali di kondisi saat ini. "Jadi saya selaku Ketua PHRI Badung dan juga Ketua Dewan Penasehat Kadin Badung dan Bali tentu akan mendukung program ini (Munas diadakan di Bali),” katanya.

Dirinya menambahkan, hal-hal seperti inilah (penyelenggaraan MICE) yang diinginkan oleh berbagai pihak, utamanya pelaku pariwisata di kawasan The Nusa Dua. Agar kegiatan-kegiatan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition atau MICE di Pusat bisa ditarik ke Bali sehingga pariwisata Bali bisa hidup.

Tidak hanya itu, dengan diselenggarakan di Bali dapat menjadi uji coba bagi pelaku pariwisata. Khususnya hotel-hotel dalam menyelenggarakan MICE dengan skala peserta besar tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Dengan penyelenggaraan Munas ini menjadi uji coba penerapan daripada penyelenggaraan MICE dengan protokol kesehatan yang baik serta ketat. Setelah mengikuti Munas itu saya mengharapkan mereka (peserta, Red) untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di Bali sendiri,” tuturnya.

Dengan mengunjungi sejumlah obyek-obyek wisata tentunya akan berbelanja, sehingga UMKM di Bali dapat bangkit kembali dan meningkatkan perekonomian yang sangat terkontraksi akibat pandemi Covid-19.

Lebih lanjut dirinya memaparkan, kawasan The Nusa Dua memiliki kapasitas mencapai 6.000 kamar hotel. Jika sebanyak 2.000 kamar hotel digunakan, tentu akan sangat membantu mengisi tingkat okupansi saat ini yang rata-rata hanya single digit.

“Persediaan kamar di kawasan The Nusa Dua mencapai 6 ribu dan akan diisi 2 ribu tentu akan meningkatkan okupansinya. Dan tentunya selain peserta Munas juga akan ada tamu lain,” kata dia.

Terlebih ditambah dengan adanya program Work From Bali dari Kemenko Marves, pihaknya berharap rencana tersebut dapat segera terealisasi karena kondisi pariwisata Bali sendiri sudah sangat porak-poranda akibat pandemi.

Sementara itu, mengenai kesiapan pihak ITDC selaku pengelola Kawasan The Nusa Dua, Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita menyampaikan bahwa pihaknya selaku pengelola kawasan menyampaikan terimakasih atas dipilihnya kawasan The Nusa Dua sebagai lokasi pelaksanaan Munas Kadin ke-VIII.

Dirinya menuturkan, bahwa momen ini tidak sekadar kegiatan. Melainkan suatu kesempatan yang baik untuk menunjukkan bahwa pihaknya siap menangani sebuah event. “Tentunya ini akan menjadi value yang bagus untuk kami. Semaksimal mungkin kami mempersiapkan dengan kolaborasi dengan tenant di kawasan The Nusa Dua dan juga unsur keamanan serta Satgas Covid-19 Daerah,” ungkapnya.(ika)

(bx/aim/man/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia