Minggu, 24 Oct 2021
Bali Express
Home / Bali
icon featured
Bali

Sambut Wisman, Komponen Pariwisata Siapkan SOP

28 September 2021, 19: 05: 45 WIB | editor : Nyoman Suarna

Sambut Wisman, Komponen Pariwisata Siapkan SOP

DISKUSI: Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa (tengah) saat menggelar FGD, Selasa (28/9). (Istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Usaha dan upaya terus dilakukan oleh komponen pariwisata di Provinsi Bali untuk membangkitkan pariwisata. Seperti dalam rangka menyamakan persepsi, masukan dan saran mempersiapkan pembukaan pariwisata Bali untuk mancanegara, digelarnya focus group discussion (FGD) dengan tema Permenkumham Nomor 34 tahun 2021 secara hybrid.

Kepala Bidang Inteldak Kanwil Inteldak Kumham Prov Bali Rachmat mengatakan, dengan dikeluarkannya Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021, sebenarnya pariwisata Indonesia dan Bali sudah buka karena dalam Permenkumham tersebut sudah memberlakukan visa kunjungan yang boleh dipergunakan untuk pariwisata. Peraturan menteri ini diperkuat oleh Kemenkumham Nomor: M.HH.02.GR.02.02 Tahun 2021 tentang Tempat Pemeriksaan Imigrasi tertentu sebagai tempat masuk dalam masa penanganan penyebaran Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional , dimana Bali menjadi salah satu tempat pemeriksaan imigrasi yang dibuka.

Aspirasi dari peserta diskusi yang sebagian besar pelaku pariwisata berharap agar ada pengelolaan manajemen risiko yang harus bisa diterapkan dengan baik seperti proses karantina, serta wisatawan yang telah atau belum vaksinasi dan pelaksanaannya direview secara berkala.

Baca juga: Sempat Ramai di Medsos, Sepuluh Pemuda Pelaku Tawuran Diamankan

Pemprov Bali agar dapat mendorong pemerintah pusat agar pembukaan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai agar dibuka seperti Jakarta dan Manado, agar ada pertemuan lanjutan berupa rapat kerja/rapat koordinasi untuk semua PIC Stakeholder Pariwisata terkait, agar terbit SOP bersama/guidance book pariwisata Bali. Sosialisasi kepada pihak eksternal ke sosial media termasuk dunia tentang kesiapan Bali. 

Begitu juga kalau visa untuk wisatawan sudah dibuka, diharapkan tidak ada proses karantina. Sehingga wisatawan yang sudah memenuhi syarat seperti vaksin lengkap, negative Swab PCR dapat menikmati liburannya dengan nyaman.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menjelaskan bahwa akan menindaklanjuti masukan dan saran yang dirangkumnya. “Akan menindaklanjuti untuk menyusun SOP bersama dalam penanganan wisatawan. Sehingga semua komponen bisa memahami dan bisa bertindak dengan standar yang sama,” jelasnya.

Selain itu juga akan dilaksanakan rapat lanjutan untuk membahas persiapan lain dalam rangka pembukaan pariwisata internasional. “Pihak imigrasi dimohon untuk membuat sosialisasi resmi melalui media mengenai aturan pengurusan visa bagi wisatawan yang akan masuk Bali,” tandas Putu Astawa.

(bx/ade/man/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia