alexametrics
26.8 C
Denpasar
Thursday, June 30, 2022

CATEGORY

Balinese

Kerasukan Ranah Semi Sakral, Energinya Bisa Berefek Jadi Negatif

BULELENG, BALI EXPRESS - Sepintas, karauhan (dimasuki roh atau energi tertentu) mirip dengan kerasukan. Tak jarang orang-orang menyebutnya sama.  Padahal itu sangat berbeda. Kerasukan boleh dikatakan berada dalam ranah semi sakral, cenderung profan. Bahkan juga bisa terjadi dalam kejadian-kejadian dalam situasi normal.

Fenomena Karauhan dalam Ritual, Ini Beda Energi Dewa dan Bhuta

BULELENG, BALI EXPRESS - Fenomena karauhan kerap terjadi saat ritual atau upacara yadnya dengan kondisi yang sangat sakral. Namun tidak jarang juga, banyak yang meragukan kebenaran dari kerauhan (dimasuki energi tertentu) tersebut.

Orang yang Lahir Hari Jumat Diibaratkan Gambelan, Kenapa?

BULELENG, BALI EXPRESS - Dalam naskah Wrespati Kalpa, orang-orang yang lahir pada Hari Jumat disebutkan mendapat naungan dari Dewi Sri dengan neptu 6 dan berlambang air. 

Ini Watak Manusia yang Dibeber dalam Naskah Wrespati Kalpa

BULELENG, BALI EXPRESS - Perwatakan manusia dipengaruhi oleh padewasan dan unsur-unsur alam yang menaungi.

Jegog Jembrana Bakal Dibuatkan Festival

DENPASAR, BALI EXPRESS- Tampilnya Sekaa Jegog Suara Ulangun dan Sanggar Ghora Yowana dari Kabupaten Jembrana pada ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44, menjadi bukti bahwa kesenian jegog masih eksis dan makin digandrungi generasi muda.

Sang Hyang Rahu Ciptakan Kala, Para Dewa Diciptakan Sang Hyang Ketu

BULELENG, BALI EXPRESS - BILA dalam Lontar Medangkemulan tidak ada menyebutkan tentang lahirnya Astawara, Sangawara dan Dasawara. Maka ada sedikit perbedaan dengan mitologi lahirnya wewaran berdasarkan Lontar Bagawan Garga.

Mitologi Wewaran dalam Berbagai Lontar, Pancawara Wujud Hyang Pancakorsika

BULELENG, BALI EXPRESS - Jika melihat kalender Bali, tidak pernah lepas dari konsep wewaran. Mulai dari ekawara, dwiwara, triwara, caturwara, pancawara, sadwara, saptawara, astawara, sangawara dan dasawara. Perhitungan wewaran dalam padewasan ini sangat menentukan ala ayuning dewasa.

Umat Perlu Kembali dan Pahami Esensi Ajaran Mpu Kuturan

BULELENG, BALI EXPRESS - -Secara tradisi Hindu-Bali pusat palukatan adalah Pura Puseh dan Pura Desa. Baik tirta pangentas, panglukatan 3 bulan (telung bulan), 6 bulan (oton), pawiwahan, diksa, semuanya berpusat di sana.

Tidak Boleh Menjual dan Gadaikan Tanah Keluar Desa Tenganan

KARANGASEM, BALI EXPRESS - Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Kecamatan Manggis, Karangasem memiliki wilayah seluas 917,2 hektare, diantaranya 255 hektare sawah, 591 hektare hutan. Uniknya, tanah seluas itu yang ada di Desa Bali Aga tersebut tidak boleh diperjualbelikan, juga digadaikan kepada masyarakat luar Desa Tenganan Pegringsingan.

Kanal Palukatan Agung, Pura Puseh & Desa Pusat Tirta Pembersihan

BULELENG, BALI EXPRESS - Belakangan ini banyak tempat malukat di Bali. Rata-rata ramai dikunjungi umat Hindu, terutama hari-hari tertentu. Apakah ini salah satu dampak dari hilangnya pemahaman masyarakat bahwa Pura Puseh dan Pura Desa adalah pusat prayascita krama dan bhuwana agung?

MOST READ

/