alexametrics
28.7 C
Denpasar
Saturday, January 29, 2022

CATEGORY

Balinese

Pura Dalem Sakti Sarwa Sidhi Muncan Punya Keunikan Selama Nyejer 42 Hari

KARANGASEM, BALI EXPRESS - Pura Dalem Sakti Sarwa Sidhi yang terletak di Catus Pata Desa Muncan, Selat, Karangasem, Bali, memiliki sedikit berbeda dengan pura pada umumnya. Sebab, selain enam bulan sekali, di Pura ini juga terdapat upacara setahun sekali. Nah, prosesi setahun sekali inilah yang memiliki keunikan tersendiri.

Gambang dalam Ritual Ngaben, Nada Mewakili Aksara Suci

Dikatakan Jro Ardhiyasa, jika kita perhatikan dari susunan nada yang menyusun gamelan gambang maka kita akan mengetahui bahwa gamelan gambang mempergunakan laras pelog saih pitu, jadi nada-nadanya adalah: ding, dong, deng, deung, dung, dang, daing. Nada-nada tersebut mewakili aksara suci: Ba, I, Ta, Wa, A, Sa, Ma.

Gambang dalam Ritual Ngaben, Diyakini Antarkan Sang Atma ke Sunya Loka

Gambang salah satu gamelan yang sering digunakan dalam Upacara Ngaben. Kesenian gambang diyakini sebagai seni wali dalam upacara Ngaben merujuk pada lontar Panca Suda Atma. Konon, tetabuhan Gambang dapat mengantarkan Sang Atma ke Sunya Loka.

Tradisi Ngerebeg di Blahkiuh Dipercaya Menetralisir Gangguan Niskala

BADUNG, BALI EXPRESS – Desa Adat Blahkiuh memiliki salah satu tradisi yang telah dilaksanakan sejak zaman Kerajaan Singosari. Tradisi tersebut adalah Ngerebeg, yang dilaksanakan setiap Hari Umanis Kuningan. Tradisi ini awalnya hanya digelar oleh keluarga kerajaan namun saat ini secara turun temurun dilaksanakan oleh warga adat Blahkiuh.

Sarati Banten Jro Ketut Untara, Berharap Generasi Muda Belajar Banten

Tak hanya melayani permintaan banten di Bali saja. Hro Untara bahkan Namanya kian tersohor di luar Bali. Seperti di Jawa. Ia kerap mendapat pesanan untuk membuat banten berbagai jenis upacara.

Sarati Banten Jro Ketut Untara, Belajar Banten Otodidak, Layani hampir Seluruh Bali

Tak banyak orang tertarik menjadi sarati banten. Sebab, selain harus memiliki minat yang kuat, juga harus diiringi dengan pemahaman akan sastra maupun tattwa sehingga banten yang dihasilkan penuh makna.

Pemasang Patung di Pura Pasar Agung Sudah Diketahui

KARANGASEM, BALI EXPRESS - Menindaklanjuti keberadaan tiga patung yang berdiri di atas Pura Pasar Agung, Karangasem, Bali, Ketua PHDI Kecamatan Selat I Wayan Sudana, terus berupaya mencari informasi mengenai pemasangan patung tersebut. Ia pun mendapat kontak yang memasang patung tersebut melalui masyarakat yang tidak mau ia sebut namanya.

PKB Tingkat Kabupaten di Tabanan Positif Ditiadakan

TABANAN, BALI EXPRESS - Dinas Kebudayaan (Disbud) Tabanan memastikan Pesta Kesenian Bali (PKB) di tingkat kabupaten pada tahun ini ditiadakan.

Penempatan Binatang dalam Sesajen Suci Menurut Arah Mata Angin

Penggunaan binatang untuk keperluan banten biasanya dilakukan menurut tingkatan upacaranya itu sendiri. Hal ini karena dalam tradisi masyarakat Hindu di Bali, kegunaan binatang sebagai sarana yadnya umumnya dibagi menjadi dua jenis.

Ayam dalam Ritual di Bali, Mulai dari Penyupatan hingga Bayar Utang

Ayam menjadi salah satu binatang yang paling sering digunakan sebagai sarana upakara panca yadnya di Bali. Hewan yang memiliki sifat khas dan unik ini kerap dijadikan simbolisasi untuk memperbaiki kehidupannya pada kelahiran yang akan datang.

MOST READ