Minggu, 24 Oct 2021
Bali Express
Home / Balinese
icon featured
Balinese

Usada Sato (4) : Kenali Sapi dari Buah Pelir

15 Juli 2021, 09: 50: 42 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Usada Sato (4) : Kenali Sapi dari Buah Pelir

ilustrasi (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS-Beragam masalah kesehatan, mulai dari gejala, efek, cara mengobati, dan sarana untuk mengatasi sakit dirangkum, dan diambil dari Buku 'Berbagai Cara Pengobatan Menurut Lontar Usada, Pengobatan Tradisional Bali'. Kali ini yang dibeber khusus untuk ternak.

Buku yang ditulis oleh I Ketut Suwidja ini ditulis berseri, sesuai dengan yang dibeber dalam buku yang diterbitkan tahun 1991.

Buah pelirnya halus seperti buah randu, kulitnya tipis, utama, dimandikan 3 kali. Buah pelir seperti sedikit ditekuk (Bali : cangked), kulitnya tebal, buah pelirnya seperti buah maja (Crescentia cujete L. Bignoniaceae), bahagia, mandi 4 kali.

Baca juga: Lestarikan Alam, Tebang Satu Pohon, Wajib Tanam Lima

Buah pelir lebar dan panjang, kulitnya tebal, ujung buah pelirnya seperti melilit, bahagia, mandi 5 kali. Buah pelir kurang kencang (Bali : manglumah) tetapi lebar seperti menonjol (Bali : mapeled), bahagia, mandi 4 kali.

Buah pelir panjang dan lebar (Bali : lambih), kulitnya tebal seperti sisik nenas, dan kaku, bahagia, mandi 5 kali. Buah pelir seperti jrungga, tidak ada ujungnya, jangan dikebiri. 

Buah pelir layu dan menempel satu sama lain (Bali : gempel), tidak boleh dikebiri, diibaratkan mengibiri diri sendiri.

Tanda-tanda sapi yang telah dikebiri, buah pelir berwarna seperti sisik (Bali : rarkrik) kehitam-hitaman, seperti ditarik (Bali : nguyub) ke dalam, perut seperti terangkat masuk (Bali : makeledan), kuat dalam air. 

Buah pelir berwarna sisik kemerahan seperti ada lingkaran dan goresan (Bali : mabelur) kuat dalam air. Pada waktu dikebiri tidak mengeluarkan suara, kemampuannya di dalam air sedang-sedang saja.

Buah pelir terasa agak kaku, dan besar kebiru-biruan, pada waktu dikebiri keluar darah, biasa-biasa saja di dalam air. 

(bx/wid/rin/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia