Selasa, 26 Oct 2021
Bali Express
Home / Balinese
icon featured
Balinese
Ritual Magedong-Gedongan dalam Hindu (2)

Hal Penting dalam Upacara Magedong-Gedongan

18 September 2021, 10: 38: 16 WIB | editor : Nyoman Suarna

Hal Penting dalam Upacara Magedong-Gedongan

Prof. Dr. Ida Bagus Gde Yudha Triguna, MS (istimewa)

Share this      

Ada tiga hal penting yang secara garis besar dilaksanakan dalam ritual magedong-gedongan. Prof. Yudha Triguna mengatakan, tiga hal itu ialah upacara pangerujakan, upacara pebersihan dan upacara inti magedong-gedongan.

Pertama, upacara pangerujakan sarananya dibuat dari buah delima, gula batu, bungkak, kelapa gading, madu, asepan, cendana, temu-temuan dan buah-uahan lainnya. Sarana ini bertujuan agar janin bayi dikenalkan pada sad rasa. Bahwa, hidup ini manis (Madura). Bahwa hidup ini juga pahit (tikta), hidup ini asam (amla), asin (lavana) pedas (katu) dan kecut (kasaya).

Ada pula sarana pejati dihaturkan kepada Ida Bhatrara Surya dan Ajuman katur kepada Ida Bhatara Guru dan Bhatara Surya. Maknanya tentu memohon keselamatan kepada anak dan ibunya. Ini sebagai sosialisasi agar memperkenalkan tentang hidup

Baca juga: Lestarikan Hutan Mulai Ritual hingga Awig-Awig

“Pangerujakan maksdnya tidak lain memperkenalkan sejak dini bawa hidup itu ini tak selalu manis. Ada pahit, getir, sehingga si bayi mulai mengenalnya,”

Upacara kedua adalah melakukan ritual pembersihan diri. Tujuannya agar seluruh kotoran yang ada pada bayi dan ibunya hilang. Pembersihan disimbolkan dengan membuang kain dan pakaian yang melekat pada saat dilakanakan upacara ini.

“Membersihkan diri pada masa lalu dilakukan di beji dan disertai mantra yang mengandung sungai sindhu, gangga, Yamuna,” ungkapnya.

Selanjutnya, upacara yang ketiga adalah inti dari upacara magedong-gedongan. Sarana upakaranya disesuaikan dengan kemampuan. Baik tingkatan Nista, Madya hingga Utama. “Tujuannnya agar janin dan ibunya diberikan kesehatan serta bersih dari pengaruh negatif,” pungkasnya. (habis)

(bx/dik/man/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia