Minggu, 24 Oct 2021
Bali Express
Home / Balinese
icon featured
Balinese
Usada Bali dengan Loloh Don Cemcem (2)

Loloh Cemcem Miliki Segudang Manfaat

22 September 2021, 06: 15: 56 WIB | editor : Nyoman Suarna

Loloh Cemcem Miliki Segudang Manfaat

Daun Cemcem yang menjadi bahan baku olahan Loloh Cemcem. (istimewa)

Share this      

Manfaat loloh don cemcem bagi kesehatan sangatlah banyak. Bahkan sudah diyakini sejak bertahun-tahun mampu mengobati sejumlah penyakit. Dikatakan Gede Sutana, Loloh Cemcem mampu meningkatkan nafsu makan.

Loloh don cemcem terdiri dari beberapa bahan pendukung, salah satunya adalah cabai rawit. Cabai rawit dapat menambah nafsu makan. Kandungan vitamin A pada cabai rawit sebanyak 11.050 SI sehingga ampuh sebagai perangsang nafsu makan. Selain itu, cabai rawit juga memiliki kandungan kimia berupa capsaicin yang bersifat stomakik yakni berfungsi menambah selera makan.

“Senyawa flavonoid dalam daun cemcem dapat membantu menambah selera makan. Selain itu, dengan adanya komponen asam juga dapat dipergunakan sebagai penambah nafsu makan, serta kelapa pun dapat menambah selera makan pada seseorang,” katanya.

Baca juga: Prosesi penguburan Mayat di Tigawasa

Loloh Cemcem juga dapat meringankan batuk kering dan memperlancar buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh daun cemcem tersebut memiliki senyawa saponin, flavonoid dan tanin yang dapat dipakai sebagai obat batuk kering.

Mengkonsumsi loloh don cemcem juga dapat menyebabkan buang air kecil menjadi lancar. Hal ini dikarenakan oleh senyawa tanin dalam daun cemcem memiliki efek diuretik sehingga dapat melancarkan buang air kecil.

Kandungan senyawa flavonoid yang dihasilkan dari daun cemcem berfungsi sebagai antioksidan yang sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Selain itu, efek diuretik yang dihasilkan setelah mengkonsumsi loloh don cemcem juga berfungsi menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Kandungan vitamin C dan asam pada loloh don cemcem bermanfaat untuk menghilangkan panas dalam. Hal ini karena asam memiliki efek sejuk dan segar. “Selain itu kelapa juga dapat menambah cairan dan mineral sehingga siapa pun yang mengkonsumsi buah kelapa akan merasa segar kembali,” ungkapnya.

Manfaat terakhir dari mengkonsumsi Loloh Cemcem adalah melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan usus. Kandungan asam pada loloh don cemcem dapat berfungsi sebagai obat pencahar yaitu melancarkan buang air besar.

Selain itu kandungan kelapa pada loloh don cemcem berfungsi sebagai obat diare sehingga dapat mengatasi permasalahan pada buang air besar. Senyawa tanin dalam daun cemcem yang memiliki sifat astringent yaitu berfungsi melapisi mukosa usus khususnya usus besar dan mengecilkan selaput lendir usus serta sebagai penyerap racun dan menggumpalkan protein. “Oleh karena itu senyawa tanin dapat dipergunakan sebagi obat diare,” pungkasnya. (habis)

(bx/dik/man/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia