Minggu, 28 Nov 2021
Bali Express
Home / Balinese
icon featured
Balinese
DRESTA

Odalan di Kahyangan Tiga, Banyuasri Gelar Tradisi Megibung

22 September 2021, 06: 26: 10 WIB | editor : Nyoman Suarna

Odalan di Kahyangan Tiga, Banyuasri Gelar Tradisi Megibung

Mantan Kelian Desa Pakraman Banyuasri Nyoman Westha. (istimewa)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS – Setiap wilayah memiliki tradisi yang berbeda. Namun ada juga yang sama. Seperti halnya Desa Pakraman Banyuasri di Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Di sini terdapat tradisi Magibung atau makan bersama.

Tradisi Megibung atau makan bersama selalu dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Pakraman Banyuasri. Kegiatan ini dilaksanalan ketika odalan digelar di Pura Desa, Pura Dalem dan Pura Segara. Masyarakat bersama para penglingsir di Desa tersebut, duduk bersama-sama menikmati hidangan makanan yang disediakan, di atas daun pisang tanpa sekat.

Makanan yang disajikan pun sebelumnya dimasak oleh krama secara bersama-sama. Hal ini dilakukan untuk menyatukan rasa menyama braya. Disamping itu, melakukan tradisi mengibung dinilai oleh krama di Desa Pakraman Banyuasri sebagai bentuk rasa syukur terdahap Tuhan Yang Maha Esa, karena telah diberikan rezeki.  “Setiap odalan kami selalu menggelar tradisi megibung itu. Lokasinya ya di pura. Itu tradisi yang tidak bisa kami lupakan. Disamping untuk upacara, sisa makannya kami santap bersama-sama sebagai rasa mensyukuri pemberian dari Tuhan, dengan bentuk masak bersama dan makan bersama. Itu rezeki namanya,” ujar Mantan Klian Desa Pakraman Banyuasri Nyoman Westha.

Baca juga: Matahari Tepat di Atas Khatulistiwa, Momentum Penyucian Diri

Saat dilakukan tradisi Magibung tersebut, seluruh masyarakat datang ke pura. Ketika menikmati hidangan atau yang disebut paica, seluruhnya duduk bersama tanpa memadang derajat dan status. “Semuanya sama. Duduk bersama. Baik itu masyarakat biasa, tokoh adat, pejabat atau apapun semuanya bergabung secara suka cita menikmati paica,” imbuhnya.

(bx/dhi/man/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia