Rabu, 01 Dec 2021
Bali Express
Home / Balinese
icon featured
Balinese

Lontar Roga Sanghara Bhumi; Ungkap Gempa tiap Sasih dan Maknanya

23 Oktober 2021, 22: 20: 01 WIB | editor : I Putu Suyatra

Lontar Roga Sanghara Bhumi; Ungkap Gempa tiap Sasih dan Maknanya

PECARUAN: Suasana prosesi Caru Labuh Gentuh yang dilaksanakan masyarakat Desa Les bersumber berusmber dari Lontar Roga Sanghara Bhumi. (ISTIMEWA)

Share this      

Bencana alam gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Karangasem dan Bangli pada Sabtu (16/10) dinihari lalu. Tak hanya menimbulkan kerusakan harta benda, gempa juga menelan korban jiwa dan mengakibatkan korban luka.

 

SETIAP deretan bencana yang terjadi, seakan mengingatkan pada Lontar Roga Sanghara Bhumi yang menjadi mitigasi bencana orang Bali. Ketua Aliansi Bahasa Bali Nyoman Suka Ardiyasa, M.Pd mengatakan, Roga berarti penyakit, sakit, dan cacat badan. Sedangkan Sanghara artinya menarik kembali, meniadakan, rusak; lebur, kehancuran, pembinasaan. Kemudian Bhumi berarti bumi.

Baca juga: Mengenal Bentuk dan Jenis Petulangan

Roga Sanghara Bhumi dimaknai sebagai menetralisir atau meniadakan bencana di dunia. “Sesungguhnya naskah Roga Sanghara Bumi merupakan sebuah naskah yang memberikan petunjuk kepada manusia dalam menghadapi bencana dengan jalan menjalankan upakara,” jelasnya.

Dalam Lontar Roga Sanghara Bhumi disebutkan ada beberapa jenis bencana yang terjadi didunia ini, yaitu bencana yang akan terjadi berulang pada setiap sasihnya dan bencana yang akan terjadi melihat tanda atau isyarat yang tidak baik (Durmanggala).

Menurut Lontar Roga Sanghara Bhumi bencana gempa bumi biasanya terjadi pada Sasih Kadasa (April), Kapat (Oktober), dan Kalima (November). Gempa yang terjadi pada sasih tersebut merupakan pengundang para dewa, bahwa beliau sangat senang tinggal di bumi secara terus-menerus dan harus diupacarai atau dipersembahkan caru sesuai dengan sasih pada saat terjadinya gempa tersebut.

“Sebagian besar gempa yang terjadi merupakan pengundang wabah penyakit atau sebagai suatu pertanda yang mengarah pada hal yang tidak baik,” katanya.

Suka mengatakan, dalam Lontar Roga Sanghara Bumi juga berisi tentang bencana alam gempa beserta baik buruknya berdasarkan sasih (bulan) terjadinya gempa tersebut. Semisal, bila Sasih Kepitu (Januari) datangnya gempa secara terus-menerus, menandakan akan terjadi perang tidak henti-hentinya. Berbagai penyakit akan menimpa masyarakat.

Bila gempa terjadi saat Sasih Kaulu (Februari), dan Sasih Katiga (September) datangnya gempa secara terus-menerus, ramalannya akan terjadi wabah penyakit sampai banyak orang meninggal.

Bila gempa terjadi pada Sasih Kesanga (Maret) dan datangnya gempa secara terus-menerus, ramalannya negara tidak akan menentu. Para pembantu meninggalkan tuannya. Bila Sasih Kadasa (April), ramalannya negara akan menjadi baik. Ini berarti sebagai pengundang bhatara berbelas kasih kepada manusia.

Bila gempa terjadi pada Sasih Jyesta (Mei) dan Sasih Sada (Juni), ramalannya akan terjadi banyak orang sakit tidak tertolongkan. Bila Sasih Kapat (Oktober), Sasih Kalima (November) ramalannya sebagai pengundang dewata. Para dewa senang tinggal di bumi. Bumi akan mendapat kerahayuan. Segala yang ditanam akan hidup subur dan berhasil (saphala sarwa tinandur). Raja atau pemimpin bijak dan berbudu rahayu.

Bila gempat terjadi di Sasih Kanem (Desember), ramalannya banyak orang akan jatuh sakit tidak tertolongkan. Untuk menetralisir patut segera dibuatkan upacara persembahan caru selamatan. Kecuali pengaruh dan ramalan gempa yang terjadi akan mengarah ke kebaikan, maka gempa yang terjadi dan berakibat buruk pada kehidupan harus segera dibuatkan upacara caru selamatan.

“Gempa yang terjadi pada bulan-bulan yang berbeda dan berpengaruh buruk terhadap kehidupan manusia akibat marahnya para dewa. Untuk jenis upacara persembahan selamatan dan ditujukan kepada dewa siapa, tergantung dari sasih (bulan) berapa terjadinya gempa tersebut,” ungkapnya.

(bx/dik/yes/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia