Minggu, 24 Oct 2021
Bali Express
Home / Bisnis
icon featured
Bisnis

52 Kereta Api Lokal di Daop 8 Surabaya Kembali Beroperasi 

22 September 2021, 19: 12: 12 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

52 Kereta Api Lokal di Daop 8 Surabaya Kembali Beroperasi 

OPERASI : PT KAI Daop 8 Surabaya per Rabu (22/9), kembali mengoperasikan sebanyak 52 KA lokal di wilayah itu, seiring dilonggarkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). (Antara/Malik Ibrahim)

Share this      

SURABAYA, BALI EXPRESS - Sebanyak 52 kereta api (KA) lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya kembali beroperasi, per Rabu (22/9), seiring dilonggarkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah tersebut.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Surabaya, Rabu (22/9) mengatakan, operasional sebanyak 52 KA Lokal itu meningkat dibanding sebelumnya yang hanya 18 KA Lokal.

Luqman mengatakan, masyarakat yang akan menggunakan KA lokal tetap harus memenuhi syarat perjalanan yang ditetapkan SE Kemenhub No 69 Tahun 2021, yaitu wajib vaksinasi dosis pertama, kemudian penumpang perjalanan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan yang terdapat data vaksin dosis pertama.

Baca juga: Harga Pakan Ayam Naik, Peternak Ayam di Bali Nyaris Kolaps

Namun, kata dia, apabila masyarakat tidak mempunyai aplikasi atau saat sistem PeduliLindungi mengalami masalah, penumpang bisa menunjukkan sertifikat vaksin.

Sementara untuk memberikan kenyamanan masyarakat dalam membeli tiket kereta api, PT KAI memberikan kemudahan melalui aplikasi KAI Access, yang dianjurkan, karena lebih aman dan mencegah penyebaran Covid-19.

"Layanan Kereta Api akan tetap hadir untuk membantu mobilitas masyarakat yang tetap harus bepergian di masa pandemi Covid-19. Kami juga selalu mematuhi seluruh kebijakan pemerintah dalam hal penanganan Covid-19 pada moda transportasi kereta api," kata Luqman ditemui di Stasiun Gubeng, Surabaya.

Adapun KA lokal yang kembali beroperasi diantaranya KA Rapih Dhono relasi Surabaya-Kertosono-Blitar PP, KA Penataran relasi Surabaya-Malang-Blitar, KA Tumapel relasi Surabaya-Malang PP.

Kemudian, KA Jenggala relasi Sidoarjo – Mojokerto PP, KRD relasi Surabaya-Kertosono PP, KRD relasi Sidoarjo – Bojonegoro PP dan kereta ekonomi lokal relasi Surabaya-Pasuruan PP.

Untuk KA Jarak jauh, Luqman mengatakan, saat ini yang beroperasi di wilayah Daop 8 Surabaya masih sebanyak 25 KA, dari total sebanyak 40 lebih KA yang ada.

Luqman berharap, dengan terus turunnya level serta landainya kasus Covid -19, seluruh KA jarak jauh bisa kembali beroperasi, dan perjalanan menggunakan moda transportasi kembali bergairah. (ant)

(bx/rin/rin/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia